Ternyata Timnas Curacao Bukan Tim Sembarang

Nusantaratv.com - 23 September 2022

Indonesia vs Curacao
Indonesia vs Curacao

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.comCuracao nama yang masih asing. Tapi, dalam kontestasi sepak bola, dia cepat melambung. Layak jadi jembatan tim nasional Indonesia menuju peringkat FIFA yang lebih baik.

Siapakah Curacao? Tak banyak yang kenal. Rasanya, tak sampai 10% masyarakat Indonesia pernah mendengar Curacao sebelum tim nasional menyiapkan dua laga uji coba di Matchday FIFA.

Wajar saja. Curacao negara baru. Berdaulat, otonom, tapi masih di bawah pengaruh Kerajaan Belanda. Curacao pun baru menjelma menjadi negara baru, setelah memisahkan diri dari Antilles Belanda, 10 Oktober 2010 lalu.

Wilayahnya kecil. Terletak di Karibia, luasnya hanya 444 km. Dua kali wilayah Kota Bogor saja. Penduduknya? Kira-kira sestadion Narendra Modi di Ahmedabad, India. Hanya 155 ribu.

Tapi, dalam konteks sepakbola, mereka negara hebat. Jika ungkapan klasik di kita masih sulit mencari 11 pemain dari 275 juta penduduk, mereka memiliki tim yang kuat. Tak sulit bagi Curacao menemukan 11 pemain dari 155 ribu warganya.

Kini, mereka menempati peringkat ke-84 World FIFA Ranking. Hampir dua kali lipat di atas posisi Indonesia yang 155.

Jika sebagian orang menilai peringkat FIFA bisa saja bias, maka tanyalah kepada Gregg Berhalter, bagaimana kekuatan Cucarao. Berhalter adalah pelatih timnas Amerika Serikat di Piala Emas Concacaf 2019 lalu, turnamen terakhir yang diikuti Cucarao.

“Kalian ingin kami habis-habisan dan mengalahkan mereka 5-0. Tapi kami tahu, ini akan jadi pertandingan yang berat. Mereka tahu tak ada lagi esok hari jika mereka kalah,” katanya.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])