Target MPI Perbaiki Peringkat di AG 2023 dan Fokus Pada Kejuaraan Dunia di Bali

Nusantaratv.com - 25 September 2023

Atlet Modern Pentathlon, Caroline Bangun
Atlet Modern Pentathlon, Caroline Bangun

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Kontingen Indonesia masih berjuang di Asian Games 2023 Hangzhou untuk mendapatkan hasil  yang terbaik. Salah satunya Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP MPI) yang memiliki target memperbaiki peringkat di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Hal itu dikatakan oleh pelatih kepala Modern Pentathlon Indonesia, Glen Clif saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (23/09/2023) sore.

Glen mengatakan, masih ada satu atlet Modern Pentathlon Indonesia yang akan tampil di partai final Asian Games 2023 pada Minggu, (24/09/2023).

"Dikelas putra, Samuel hanya sampai di babak Semi final saja, gak bisa lanjut. Kalau yg putri..Main di Final Round..besok pagi 👍 (Minggu)," kata Glen.

"Target PP MPI di Asian Games 2023 Hangzhou, China ini memperbaiki peringkat dari Asian Games 2018 lalu. Walaupun sulit tapi kita akan coba, yaitu 10 besar. Semoga dilancarkan... 🙏," sambung Glen.

Glen juga berharap penampilan maksimal yang diberikan sang atlet pada laga final nanti dapat membuahkan hasil terbaik untuk PP MPI dan Indonesia meski harus berhadapan dengan lawan kelas dunia.

"Harapan saya semoga Carolin Bangun bisa bermain lepas. Anaknya potensial, masih belia, tapi lawan kita berkelas Ranking Dunia," ujar Glen.

Terlepas dari Asian Games 2023, lanjut Glen, PP MPI sebenarnya memiliki target yang lebih besar lagi, yakni menatap Kejuaraan Dunia Biathle/Triathle Pentathlon yang akan diselenggarakan di Bali pada November mendatang.

Glen juga memastikan akan memaksimalkan persiapan para atlet Pentathlon Indonesia agar bisa bersaing dengan atlet-atlet kelas dunia lainnya

Rencananya Kejuaraan Dunia Biathle/Triathle Pentathlon ini akan diramaikan oleh 500 atlet dari 40 negara yang bakal tampil dalam 10 kategori pertandingan berdasarkan kelompok umur. Mulai dari Under 11, Under 13, Under 15, Under 17, Under 19, Juniors, Seniors, Masters 40+, Masters 50+, dan Masters 60+.

Kejuaraan Dunia yg ohh/Triathle ini merupakan event besar bagi para atlet MPI. Meski ini baru pertama kali dihelat, kejuaraan ini jadi salah satu ajang untuk atlet mendapatkan poin menuju Olimpiade.

"Persiapan BTWC Bali, sedang dimaksimalkan agar Dunia tau Indonesia punya Modern Pentathlon dan tempat wisata yang bagus. Hampir setiap minggu kami rapat Online dan Offline, mengecek persiapan. Semoga dilancarkan dan berjalan lancar. Diperkirakan peserta sekitar 500 Atlit yang datang buat semua nomornya... 🙏," pungkas Glen.

Sementara itu, Ketua Umum Modern Pentathlon Indonesia (MPI) Anthony Charles Sunarjo, tetap memberikan apresiasi kepada Samuel Christian yang sudah berjuang di pada pertandingan kali ini meski harus gagal melaju ke partai puncak.

Menurutnya, kekalahan Samuel bukan menjadi kegagalan cabang olahraga Modern Pentathlon Indonesia di Asian Games 2023 ini. Sebab masih ada atlet MPI yang akan berjuang di Hangzhou, China.

"Masih ada atlit lagi di Group B bersama Samuel. Kita berharap bisa masuk Top 9 each group buat bisa masuk Final. Hanya 18 yang bisa masuk Final Round. 🙏," kata Anthony Charles Sunarjo melalu pesan singkat kepada wartawan.

Asian Games ke-19 akan berlangsung hingga 8 Oktober mendatang dengan diikuti 12.500 atlet dari 45 negara Asia yang bertanding dalam 40 cabang olahraga di 56 arena yang tersebar di Hangzhou dan lima kota pendukung yaitu Ningbo, Wenzhou, Huzhou, Shaoxing, dan Jinhua.

Kontingen Indonesia berkekuatan 413 atlet yang mengikuti 30 cabang olahraga dengan memasang target 12 medali emas dan menempati peringkat 12 besar, namun Presiden Joko Widodo saat acara pelepasan kontingen mengharapkan Indonesia bisa masuk peringkat 10 besar.

 

​​​

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close