Striker 'Kuncian' Shin Tae-yong Selangkah Lagi Jadi WNI

Nusantaratv.com - 01 Mei 2024

Jens Raven bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (Dok PSSI)
Jens Raven bersama Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (Dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com -  PSSI memberi angin segar kepada pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Stok lini depannya bakal bertambah dengan kehadiran striker muda berbakat asal Belanda, Jens Raven.

Pemain yang belum genap berusia 20 tahun itu sedang berada di Jakarta bersama Maarten Paes dan Calvin Verdonk. Dan menurut Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, Ravens dan Verdonk bakal mengikuti jejak Paes.  

"Setelah tiba di Jakarta dari Doha, saya kembali fokus memperkuat tim nasional. Hari ini Maarten Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia. Sementara Calvin Verdonk pemain NEC Nijmegen dan Jens Raven pemain FC Dordrecht juga dalam proses naturalisasi," kata Erick seperti dilansir dari situs resmi PSSI. 

Nama Raven tentu sudah tidak asing di telinga para pencinta sepak bola Tanah Air. Dia disebut-sebut menjadi solusi bagi kebuntuan yang kerap melanda lini depan timnas Indonesia. 

Usianya memang belum genap 19 tahun, tapi kemampuannya dianggap bakal jadi koncian STY dalam meramu lini depan timnas yang lebih bertenaga. 

STY juga sudah lama mencium bakat Raven. Nama Raven langsung sorotan saat Shin Tae-yong mengunggah foto mereka di Instagram pada 9 Maret lalu. 

Saat itu, STY juga bersama dengan Rafael Struick usai menyaksikan laga Dordrecht U-21 melawan Ad den Haag U-21 di Stadion Krommedijk Sportspark.

"Rafael (pemain) berusia 21 tahun sebelum pertandingan," tulis Shin Tae-yong saat memberikan caption di unggahan foto Instagram miliknya.

Berdasarkan data dari situs Transfermarkt, Jens Raven lahir pada 12 Oktober 2005 dan memulai karier sepakbolanya bersama SV Nootdorp junior pada tahun 2008.

Pada musim 2022/2023, dirinya mendapatkan promosi untuk bermain di tim utama SV Nootdorp U-21 dan musim 2023/2024 bergabung bersama Dordrecht U-21.

Usia Jens Raven yang saat ini masih 18 tahun memiliki darah keturunan Indonesia dari neneknya yang lahir di Yogyakarta.

Jens Raven memiliki statistik mentereng di Second Division A atau kompetisi level muda Liga Belanda.

Dikutip dari Transfermarkt, statistik Jens Raven bersama Dordrecht U-21 pada musim ini juga terbilang gemilang. Dari 16 laga kompetisi baik O21 Div 2 Fall atau Spring, Ia mampu mencetak mencetak enam gol.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close