Selain Menang, Ini Syarat Indonesia Jika Ingin Lolos ke Laga Final

Nusantaratv.com - 06 Januari 2023

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan saat menjamu Vietnam pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Jumat (6/1/2023) sore WIB.

Pada laga ini pasukan Shin Tae-yong hanya bermain imbang tanpa gol meski mampu tampil menekan. Tercatat, skuad Garuda sukses menciptakan delapan tembakan dan dua diantaranya mengarah ke gawang Vietnam.

Sedangkan Vietnam yang memiliki keunggulan dalam penguasaan bola sebesar 56 persen hanya mampu melepaskan empat tendangan dan hanya satu yang on target.

Tentu sangat disayangkan Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan saat bermain di kandang. Apalagi Vietnam juga tak memiliki gol tandang yang bisa dimanfaatkan di leg kedua nanti.

Hasil imbang tanpa gol ini juga membuat Indonesia memiliki dua opsi untuk bisa lolos ke laga final. Pertama, pasukan Shin Tae-yong hanya perlu tampil imbang pada laga leg kedua di kandang Vietnam.

Syaratnya, hasil imbang itu minimal dengan skor 1-1. Sebab dengan skor 1-1 Timnas Indonesia unggul dalam gol tandang.

Sebagai informasi, Piala AFF 2022 tetap menerapkan gol tandang meski sudah memasuki babak semifinal.

Jadi, selama leg kedua Timnas Indonesia bisa mencetak minimal satu gol, maka hasil imbang dengan skor berapa pun cukup untuk membuat Garuda lolos ke laga final.

Kedua, Indonesia wajib menang atas Vietnam. Sebab, kemenangan menjadi hasil paling aman dan tentu hasil ini menjadi yang paling diincar oleh pasukan Shin Tae-yong.

Lantas bagaimana jika skor akhir di leg kedua nanti berakhir 0-0 lagi ?

Maka pertandingan akan berlanjut ke babak tambahan dan jika masih imbang 0-0, laga harus ditentukan dengan adu penalti.

Laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada Senin 9 Januari 2023 pukul 19.30 WIB.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])