Resmi! Indonesia Gantikan Vitenam jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Nusantaratv.com - 24 Februari 2022

Menpora Zainudin Amali/ist
Menpora Zainudin Amali/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Indonesia resmi ditunjuk menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 menggantikan Vietnam.

Kabar tersebut disampaikan Menpora, Zainudin Amali.

Menpora mengaku mendapat informasi kepastian Indonesia jadi tuan rumah pada Rabu (23/2/2022). Zainudin Amali menyambut positif penunjukkan Indonesia jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022. Dikatakan, ajang sangat bermanfaat untuk mengasah kembali atlet-atlet paragames Indonesia. 

"Baru kemarin saya dapat informasi itu. Ini sebenarnya bukan permintaan kita, biasanya ASEAN Para Games nempel dengan SEA Games, tetapi tuan rumah Vietnam hanya sanggup melaksanakan SEA Games saja sehingga mereka minta Indonesia bisa jadi tuan rumah," kata Zainudin Amali, Kamis (24/2/2022).

Zainudin mengatakan waktu yang diberikan panitia terbilang singkat, terlebih pada 2019 di Filipina, ajang ASEAN Para Games juga dibatalkan. Kali ini Indonesia mencoba membangkitkan kembali ASEAN Para Games.

Baca juga: Timnas Diisi Skuad Muda, Menpora Optimis Indonesia Raih Prestasi di SEA Games 2022

"Ini dalam waktu yang singkat loh. Karena saat ASEAN games di Filipina itu dihilangkan sama sekali. Jadi saat ini kita memunculkan kembali atlet-atlet kita," ucapnya.

Meski terbilang singkat, namun Menpora menegaskan atlet para games Indonesia sudah siap untuk bertanding. Kesiapan para atlet para games inilah yang jadi motivasi Menpora untuk mengambil tanggung jawab sebagai jadi tuan rumah.

"Saat Paralimpiade mereka peringkat 40an. Tujuan kami adalah memotivasi mereka berprestasi sehingga kita nyatakan siap jadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022," ucapnya, mengutip CNNIndonesiacom.

ASEAN Para Games 2022 akan menjadi kesempatan kedua bagi Indonesia menggelar ajang multievent untuk atlet-atlet difabel di kawasan Asia Tenggara. Pada tahun 2011, Indonesia juga pernah menggelar APG yang juga diadakan di Kota Solo.

Direncanakan, ASEAN Para Games ke-11 akan diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah pada tanggal 20-31 Juli 2022. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ditunjuk sebagai ketua panitia penyelenggara atau Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) 2022.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close