Rakernas Perguruan Karate-Do Tako Indonesia Selesai Digelar, Ini Hasilnya..

Nusantaratv.com - 27 November 2023

Rakernas 2023 Perguruan Karate-Do Tako Indonesia.
Rakernas 2023 Perguruan Karate-Do Tako Indonesia.

Penulis: Mochammad Rizki

​​​​​​Nusantaratv.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023 Perguruan Karate-Do Tako Indonesia pada 26-27 November 2023, akhirnya selesai digelar. Sejumlah hal dihasilkan dalam rapat yang diikuti delapan Pengurus Provinsi (Pengprov) dan Pengurus Besar (PB) Perguruan Karate-Do Tako Indonesia Indonesia tersebut. 

"Pertama programnya adalah konsolidasi organisasi, supaya organisasi yang selama ini adanya Covid dan masalah internal daripada organisasi bisa bersatu kembali dan bisa meningkatkan daripada kebersamaan, soliditas dalam mencapai tujuan setelah hasil rakernas tadi sudah dibuat," ujar Ketua Umum PB Perguruan Karate-Do Tako Indonesia, Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, M.M., di sela penutupan Rakernas, Luxury Inn Arion Hotel, Jakarta, Senin (27/11/2023). 

Hasil Rakernas, juga menyepakati bahwa Perguruan Tako ke depan akan terus meningkatkan kemampuan karate seluruh anggota dan pengurus, dengan memanfaatkan perkembangan zaman. 

"Yang kedua adalah meningkatkan proses belajar-mengajar karate dengan teknologi-teknologi digital," kata Nurdin. 

"Dan melakukan perbaikan-perbaikan organisasi di daerah di bidang pelatihan guru, atlet dan lain sebagainya," imbuhnya. 

Baca juga: Konsolidasi Organisasi, Perguruan Karate-Do TAKO Indonesia Gelar Rakernas 2023

Selain itu, peserta Rakernas sependapat untuk semakin memperluas keberadaan Perguruan Tako, di berbagai penjuru Tanah Air. 

"Yang ketiga, memperluas cakupan daripada Tako di seluruh wilayah nusantara dan seluruh kabupaten/kota yang belum ada kepengurusannya," jelas dia. 

Sementara, Ketua Panitia Rakernas Joseph Hutabarat, menambahkan salah satu pengprov yang rencananya akan dibentuk pasca Rakernas ialah Pengprov Jawa Barat (Jabar). 

"Dan juga beberapa acara pelantikan Pengprov Sumsel dan juga Pengprov Sumbar," ujarnya. 

Perguruan Tako juga berencana menggelar kejuaraan nasional (kejurnas) karate. Sehingga, kualitas atlet-atletnya kian membaik, yang pada akhirnya semakin mampu menghasilkan banyak prestasi. 

"Di bidang binpres (pembinaan prestasi) kita akan melaksanakan kejurnas. Kita berharap di tahun 2024 ada kejurnas, sehingga dengan adanya kejurnas, maka program seleksi akhir akan dimulai dari pengprov, pengprov melaksanakan kejurda (kejuaraan daerah), pengcab (pengurus cabang) melaksanakan kejurcab (kejuaraan cabang). Itu progresnya," papar Joseph. 

"Sehingga setelah kejurnas, diharapkan kita membuat TC (training camp) nasional, karena di situ seleksi atlet sudah terjadi," imbuhnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close