Raih Medali Emas, Eko Yuli Kirim Pesan untuk Junior

Nusantaratv.com - 20/05/2022 17:35

Eko Yuli Irawan
Eko Yuli Irawan

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Eko Yuli Irawan sukses meraih medali emas SEA Games 2021 cabang olahraga (cabor) angkat besi kelas 61 kg putra. Ia menjadikan momen ini untuk membuktikan bahwa dirinya masih mampu memberikan prestasi, meski sudah berusia 32 tahun.

Disaksikan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Duta Besar RI untuk Vietnam Denny Abdi, dan Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games Ferry Kono, Eko Yuli kembali menunjukkan kualitasnya.

Ia mencatatkan total angkatan 290 kg (135 kg dan clean & jerk 155 kg) di Hanoi Sports Training and Competition Center, Jumat (20/5). Jumlah tersebut tak mampu diungguli lifter dari negara lain. Medali perak diraih wakil Malaysia, Muhamad Aznil Bidin (287 kg) dan perunggu menjadi milik tuan rumah Nguyen Ngoc Trung (286 kg).

Eko Yuli sebenarnya punya peluang meningkatkan jumlah angkatannya. Namun, ia memilih tak mengambil kesempatan ketiga di angkatan clean & jerk karena sudah tak terkejar.

Ini menjadi medali emas keenam Eko Yuli sepanjang berpartisipasi di ajang SEA Games. Ia sudah berpartisipasi sejak 2007 di Nakhon Ratchasima, Thailand. Hal ini juga membuktikan bahwa Eko sebagai lifter senior masih mampu konsisten membuktikan prestasi. 

Terlebih, ia juga menunjukkan diri selalu lolos kualifikasi Olimpiade, sejak 2008 Beijing hingga Olimpiade 2020 Tokyo. Setiap penampilannya di pesta olahraga empat tahunan paling bergensi di dunia dan menjadikannya satu-satunya atlet yang  selalu pulang membawa medali  dari Olimpiade.

Halaman

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in