PSSI dan PT LIB Godok Perbaikan Liga 1, Sepakati Jadwal Hingga 2027

Nusantaratv.com - 20 Juni 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memimpin rapat dengan PT LIB. (Foto: Dok/PSSI)
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memimpin rapat dengan PT LIB. (Foto: Dok/PSSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, memastikan transformasi Liga Indonesia akan segera dilakukan. 

"Kami terus mentransformasi sepak bola Indonesia. Terutama Liga yang kini menjadi prioritas untuk dibenahi," ujar Erick dalam pernyataannya, Kamis (20/6/2024).

Pria yang menjabat Menteri BUMN itu juga mengungkapkan pihaknya telah memiliki jadwal kompetisi Liga 1 hingga musim 2027. 

"Kami dari PSSI dan PT LIB kembali rapat membahas berbagai hal untuk memperbaiki Liga. Kami sudah menyepakati kalender kompetisi Liga 1 hingga 2027, agar baik Liga maupun agenda Timnas bisa berjalan dengan baik," tambahnya.

Di sisi lain, kata Erick, pihaknya bakal membentuk Liga 4 sebagai bentuk terobosan demi kemajuan sepak bola Indonesia. "Kami juga akan menghidupkan Liga 3 dan 4 untuk mencari bibit-bibit baru pesepak bola Indonesia," imbuhnya.

Erick juga memastikan PSSI akan terus mendorong penyelenggaraan kompetisi liga Indonesia agar semakin berkualitas tinggi untuk menjadi liga terbaik di kawasan Asia Tenggara.

"Ini komitmen kami untuk menciptakan Liga berkualitas terbaik baik di level Asia Tenggara maupun Asia," tukas pria kelahiran Jakarta, 54 tahun silam itu. 

Diketahui, Liga 1 merupakan liga profesional tingkat pertama dalam sistem liga sepak bola Indonesia. Liga 1 diikuti oleh 18 klub dan menggunakan sistem promosi dan degradasi, dengan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator resmi Liga.

Kasta teratas liga sepak bola profesional di Indonesia itu dimulai sejak musim 2008-2009, awalnya dibentuk dengan nama Indonesia Super League (Liga Super Indonesia) hingga 2015.

Sebelum reformasi pada 2008, kompetisi nasional menggunakan format turnamen. Liga 1 dimulai pada 2017 sebagai sebuah perubahan nama Liga.

Sebanyak empat puluh klub telah berkompetisi di kasta teratas sepak bola Indonesia sejak dimulainya era modern pada 2008 sebagai Indonesia Super League. 

Delapan tim telah dinobatkan sebagai juara, dengan Persipura Jayapura menjadi tim yang paling banyak meraih gelar, yakni tiga kali pada musim 2009, 2011 dan 2013.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close