Prediksi Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia U-23 2024: Saling Sikut Demi Olimpiade Paris 2024

Nusantaratv.com - 02 Mei 2024

Timnas Indonesia U-23 akan bertemu Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. (doK PSSI)
Timnas Indonesia U-23 akan bertemu Irak pada perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. (doK PSSI)

Penulis: Bagas Adi Pangestu

Nusnataratv.com - Langkah Indonesia menuju Olimpiade Paris 2024 tersendat. Garuda Muda harus menempuh jalur lain untuk terbang ke Paris akibat menelan kekalahan melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024, Senin (29/4/2024) lalu. 

Di Abdullah bin Khalifa Stadium, Pratama Arhan Cs dipermak 0-2. Terlepas dari sejumlah keputusan wasit yang dituding kontroversial, Indonesia harus menerima kenyataan gagal ke final dan melepas satu kursi di putaran final Olimpiade Paris 2024 medatang.

Beruntung, pintu belum tertutup. Masih ada dua 'penerbangan' lagi menuju Paris. Salah satunya melalui perebutan tempat ketiga melawan Irak di Abdullah bin Khaliga Stadium, Doha, Qatar, Kamis (2/5/2024) malam, kick off pukul 22.30 WIB (live RCTI). Sedangkan cara lainnya adalah melalui jalur play off melawan wakil Afrika, Guinea di Paris, Prancis, 9 Mei 2024. Jalur ini terbuka bagi tim yang finis di peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 . 

Indonesia tentu ingin segera mengantongi tiket ke Olimpiade Paris 2024 dan mengakhiri penantian 68 tahun sejak terakhir kali Tim Merah Putih tampil di Melbourne, Australia. Hanya saja, perjuangan tidak akan mudah mengingat lawan juga punya ambisi yang sama usai dikalahkan Jepang 0-2 pada semifinal Piala Asia U-23 2024, Selasa lalu.

Irak yang belum pernah tampil di pesta olahraga multicabang empat tahunan itu tidak mau menunda-nunda. Mereka juga ingin segera mengunci tiket menuju Olimpiade Paris 2024. 

Besarnya ambisi dari kedua tim membuat duel diprediksi berjalan ketat. Konfederasi Sepak Bola  Asia (AFC) bahkan melabeli pertandingan Indonesia vs Irak di perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 sebagai Titanic Battle atau Pertempuran Habis-habisan.

Dalam duel nanti, Indonesia harus kehilangan bek andalannya, Rizky Ridho. Pemain Persebaya itu absen setelah mendapat hukuman kartu merah di laga sebelumnya.

Beruntung, lini depan Garuda Muda sudah kembali komplet. Rafael Struick yang sempat absen melawan Uzbekistan telah menyelesaikan hukuman akumulasi kartunya

 

Kehadiran Struick akan mengembalikan keganasan lini depan Garuda Muda yang sempat melempem saat bertemu Uzbekistan di semifinal. Sementara di lini belakang, Pelatih Shin Tae-yong kemungkinan akan menurunkan Komang Teguh menggantikan Rizky. 

Berikut adalah prediksi susunan pemain Irak U-23 vs Indonesia U-23

Timnas Irak U-23 (3-4-2-1):
Hussein Hasan; Zaid Tahseen, Hussein Amer, Josef Al Imam; Mustafa Saadoun, Karrar Mohammad Ali, Zain Ismael, Ahmed Maknazi; Ali Al Mosawe, Ali Jasim; Salem Ahmed

Pelatih: Radhi Shenaishil

Timnas Indonesia U-23 (3-4-2-1):
Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Justin Hubner; Rio Fahmi, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan; Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close