Prediksi Line Up Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan: Andalkan Skema Lama, Ramadhan Sananta Berpeluang Jadi Pilihan STY

Nusantaratv.com - 29 April 2024

Ramadhan Sananta berpotensi jadi starter saat Timnas Indonesia U-23 bertemu Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)
Ramadhan Sananta berpotensi jadi starter saat Timnas Indonesia U-23 bertemu Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024. (dok PSSI)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Pelatih Timnas Indonesia U-23 dipaksa memutar otak menghadapi Uzbekistan, Senin (29/4/2024). Tanpa Rafael Struick, pria yang akrab disapa STY itu harus bermanuver dalam menembus kokohnya barisan pertahanan Serigala Putih. 

Kedua tim bertemu di babak semifinal Piala Asia U-23 2024. Pertarungan krusial ini digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, kick off pukul 21.00 WIB.  

Struick tidak bisa tampil karena akumulasi kartu kuning saat bertemu Korea Selatan. Padahal dalam duel ini, Struick tampil memukau lewat dua gol ke gawang lawan. 

Absennya Struick tentu jadi kerugian besar bagi Garuda Muda. Apalagi, tim yang bakal dihadapi memiliki barisan pertahanan yang tangguh. Ya, sejak fase grup hingga babak perempat final, Uzbekistan belum sekalipun kebobolan oleh lawan-lawannya. 

Pengamat sepak bola, M Kusnaeni melihat ada dua opsi yang bisa dilakukan STY mengatasi masalah ini. Pertama adalah mencari pengganti Struick sebagai ujung tombak, dan opsi lainnya adalah menggunakan false nine atau striker palsu. 

Untuk skenario pertama, Kusnaeni melihat potensi Ramadhan Sananta ditunjuk menggantikan Struick. Selain pengalaman, postur tubuh pemain Persis Solo tersebut yang menjulang (180cm) dianggap bakal bisa bersaing melawan bek-bek Uzbekistan.

Sementara untuk skenario kedua, STY menurut Kusaneni bisa mengandalkan Witan Sulaeman. Pemain Bhanykara FC itu dikenal berpengalaman tampil di beberapa posisi. Hanya saja, STY kemungkinan tidak akan melakukan perombakan terhadap skema bermain pasukannya mengingat laga lawan Uzbekistan yang terbilang krusual.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close