POSSI Balikpapan Targetkan 4 Emas PON 2024

Nusantaratv.com - 12 Desember 2022

Ketua POSSI Kota Balikpapan Kapten Cba Yudar Zainuddin (tengah) bersama para atlet selam POSSI Balikpapan (Antara / HO dokumentasi pribadi)
Ketua POSSI Kota Balikpapan Kapten Cba Yudar Zainuddin (tengah) bersama para atlet selam POSSI Balikpapan (Antara / HO dokumentasi pribadi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kapten Cba Yudar Zainuddin menargetkan 4 medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan Medan, sehingga mulai kini pihaknya terus melakukan pematangan.

"Target ini tentu didukung dengan prestasi yang telah diraih selama ini, termasuk bulan lalu dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim, POSSI Balikpapan meraih 4 emas, 6 perak, dan 5 perunggu," ujar Yudar yang juga Kepala Penerangan Korem 091/ASN, di Samarinda, Senin.

Ditemui di Markas Korem 091/ASN (Aji Surya Natekesuma), ia melanjutkan, saat ini para atlet selam tengah bersiap menjalani Pra-PON, namun ia belum bisa memastikan kapan tanggal keberangkatannya karena menunggu instruksi dari POSSI Pusat, tapi yang pasti pematangan di Pra-PON dilakukan tahun depan.

Untuk kategori selam yang ditargetkan medali emas tersebut ada dua, yakni untuk nomor selam laut dan nomor selam kolam, sama seperti yang dipertandingkan dalam Porprov Kaltim, sehingga ia yakin di PON mendatang mampu memberikan prestasi yang sama.

"Setelah sukses di Porprov Kaltim bulan lalu, maka kami optimis berhasil lolos dalam PON 2024 di Aceh dan Medan dan berhasil setidaknya meraih 4 medali emas, tentunya kami terus memaksimalkan segala potensi dan peluang yang ada," ujarnya.

Sementara itu, dalam Porprov Kaltim VII di Kabupaten Berau bulan lalu, sebanyak 12 atlet selam dari POSSI Balikpapan yang diturunkan. Dari 12 atlet yang bertanding, medali yang berhasil dibawa ke Balikpapan adalah 4 emas, 6 perak dan 5 perunggu.

Untuk selam laut, lokasi selam diarahkan di Perairan Kutambakan Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, sedangkan untuk selam kolam bertempat kolam renang Kakaban Aquatic, Kecamatan Tanjung Redeb.

Pelaksanaan caboang selam dilaksanakan pada 23-24 November 2022, diikuti sebanyak 64 atlet dari 6 kabupaten/kota, dari totol 10 kabupaten/kota di Kaltim.

Sedangkan untuk 12 atlet putra dan putri dari POSSI Kota Balikpapan, semuanya diterjunkan di setiap nomor yang dipertandingkan dalam Porprov Kaltim, yakni ada 14 nomor yang dilombakan.

Adapun 14 nomor lomba yang dipertandingkan, yakni selam kolam 200 meter bifin putra/putri, 200 meter surface putra/putri, 50 meter apnea putra/putri, 100 meter bifin putra/putri, 50 meter bifin putra/putri, 100 meter surface putra/putri, dan relai 4 x 100 meter bifin putra/putri.

"Berdasarkan capaian dalam Porprov November lalu, maka para atlet selam sudah siapa fisik dan mental untuk mengikuti PON 2024. Porprov Kaltim 2022 ini tentu menjadi tolok ukur bagi atlet untuk meraih meraih prestasi yang sama dalam PON mendatang," kata Yudar.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])