Pordasi Siapkan Atlet Berkuda ke Ajang Internasional Usai Sukses Gelar Kejuaraan Pacu Kuda Piala Tiga Mahkota Seri II di Bantul

Nusantaratv.com - 23 Mei 2023

Dua kuda unggulan bersaing ketat dalam Kejuaraan Pacu Kuda Tingkat Nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri II dan Piala Pertiwi Tahun 2023 di Gelanggang Pacu Kuda Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul/ist
Dua kuda unggulan bersaing ketat dalam Kejuaraan Pacu Kuda Tingkat Nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri II dan Piala Pertiwi Tahun 2023 di Gelanggang Pacu Kuda Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ketua Umum Pordasi Pusat Triwatty Marciano mengaku bangga atas kesuksesan penyelenggaraan Kejuaraan Pacu Kuda Tingkat Nasional Piala Tiga Mahkota Pordasi Seri II dan Piala Pertiwi Tahun 2023 di Gelanggang Pacu Kuda Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul, Minggu (21/5/2023).

Event bergengsi yang diikuti 190 atlet berkuda ini sukses berkat sinergi antara Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi), Pengprov Pordasi DKI Jaya, dan Pordasi Pengda DIY.

"Lebih meriah dan juga dalam pelaksanaannya lebih ter-organize dan juga pelaksana dari pada pertandngan ini sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama, tertib dalam pelaksanaan, baik itu kuda kudanya maupun para jokinya. Semua ofisialnya juga sesuai dalam peraturan Pordasi," kata Triwatty Marciano, pada Selasa (23/5/2023).

Melihat antusiasme peserta serta masyarakat yang menonton langsung, Triwatty Marciano optimis, kejuaraan pacu kuda akan kembali kepada masa kejayaannya.

"Saya ingin pacu kuda yang ada di Indonesia kembali seperti tahun 1970. Walaupun ini belum ke situ, tapi dalam pelaksanaannya mudah-mudahan sedikit demi sedikit kita akan menuju ke sana lagi. Saya melihat bahwa komunitas pacu kuda di Indonesia semakin besar," katanya.

Triwatty menambahkan kejuaraan pacu kuda yang diadakan Komisi Pacu PP Pordasi ini bertujuan untuk mencetak bibit unggul atlet dan kuda Indonesia yang siap bersaing di gelanggang pacu kuda internasional.

Berhadiah Total Rp585 Juta

Pada kesempatan yang sama, Ketua Penyelenggara sekaligus Ketua Pordasi DKI Jakarta Aryo PS Djoyohadikusumo mengatakan, kejuaraan kali ini diikuti oleh 190 kuda terbaik yang berasal dari 12 provinsi di Indonesia. Sedangkan nomor yang dipertandingkan adalah 1.600 meter dengan 22 kelas race. Serta kelas khusus Piala Pertiwi yang mempertandingkan kuda betina. Total hadiah Rp585 juta.

"Pacuan kuda merupakan salah satu cabang olahraga yang ada sejak lama dan mendunia. Ada nilai historis pada cabang olahraga ini," kata Aryo PS Djoyohadikusumo.

"Saat ini ada banyak komunitas pacu kuda di daerah-daerah yang belum tersentuh yang mampu menjadi peluang untuk menempatkan Indonesia sebagai pemain yang diperhitungkan di kancah olahraga pacuan kuda internasional. Pordasi memiliki harapan bahwa pelaksanaan kejuaraan ini dapat menjadi salah satu katalis untuk mendongkrak perekonomian di daerah yang menjadi tempat pelaksanaan event," imbuhnya.

Hasil Pertandingan

Sementara itu, dari arena pacuan Kuda bernama Bintang Maja milik Haji Obeng Sobari dari Julu Stable DKI Jakarta berhasil meraih juara 1 kelas AB tiga tahun jarak tempuh 1.600 meter.

Atas kemenangan tersebut, Haji Obeng berhak mendapatkan piala Prabowo Subianto dan hadiah uang Rp100 juta.

Piala Tiga Mahkota Seri II merupakan lanjutan dari seri sebelumnya yang juga digelar di SSA Maret lalu, dengan pertandingan jarak 1.200 meter. Kemudian untuk seri ketiga, rencananya akan digelar Juli mendatang dengan jarak 2.000 meter.

Kuda kuda yang meraih podium di ketiga seri Piala Tiga Mahkota nantinya akan bertanding kembali pada Piala Derby Indonesia 2023, yang akan digelar Juli mendatang di Gelanggang Pacu Kuda Kandih, Sawahlunto, Sumatera Barat.


 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])