PON XX Papua Timbulkan Dampak Ekonomi Luar Biasa 

Nusantaratv.com - 13 Oktober 2021

Menpora Amali didampingi Asdep SIOR, Firtian Judiswandarta
Menpora Amali didampingi Asdep SIOR, Firtian Judiswandarta

Penulis: Arfa Gandhi | Editor: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Dampak positif benar-benar dirasakan masyarakat Papua selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Fakta itu terkuak dari pengakuan pelaku ekonomi di Bumi Cenderawasih tersebut meskipun pelaksanaan pesta olahrag akbar nasional empat tahunan ini tinggal 2 hari lagi ditutup tepatnya 15 Oktober 2021.

"Alhamdulillah..pelaksanaan PON XX Papua membawa berkah. Yang jelas, omset kami semakin bertambah sejak adanya PON XX Papua karena belanja kebutuhan juga semakin meningkat. Setiap hari warung kami yang buka dari pukul 08.00 hingga 21.00 WIT tidak pernah sepi dari pengunjung begitu juga dengan pesanan," kata Yusuf, anak pemilik warung Coto Daeng Dado yang dihubungi Rabu (13/10/2021).

"Saya belum bisa menginformasikan berapa jumlah kenaikannya omset yang didapat karena kami biasanya menyusun laporan keuangan di akhir bulan," tambahnya.

Warung Soto Makassar yang terletak di Jalan Raya Abepura-Kotaraja, Wai Mhorok Abepura, Kota Jayapura, Papua ini dikunjungi Menpora Zainudin Amali untuk menikmati santap siang, Rabu, 13 Oktober 2021.

"Kami merasa terhormat pak Menpora dan rombongan mau berkunjung dan menikmati menu soto makassar. Ini pertama kali warung kami dikunjungi menteri sejak 10 tahun berdiri. Biasanya hanya Kapolda dan Pangdam Cenderawasih saja yang singgah menikmati sajian makanan yang kami sediakan," aku Yusuf.

Apa yang diungkap Yusuf itu sejalan dengan pernyataan Menpora Amali yang mengatakan dengan adanya PON Papua ini sebagai trigger peningkatan ekonomi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Ini bukan pertama kali Menpora Amali berkunjung ke warung makan. Sebelumnya, Menpora Amali menikmati makanan di rumah makan Cantika yang menggunakan konsep prasmanan.

Tidak hanya itu, menteri yang berasal dari Partai Golkar ini juga menyempatkan diri mengunjungi pasar Mama-mama Papua dan membeli lelang Kopi Arabica dan kopi Tiom asli buatan anak Papua.

Fakta lain bisa dilihat dari keterangan Kepala Perwakilan BI Papua Naek Tigor Sinaga yang menyebutkan sejak ada perhelatan PON perputaran uang dari Festibal Kopi mencapai 1,8 Triliun.

Ya PON XX Papua memang menjalankan empat misi. Yakni, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses secara administrasi dan sukses membangkitkan perekonomian.

"Ini sukses yang keempat, berdasarkan laporan BI perputaran uang selama PON mencapai triliunan rupiah, berarti ini dampak perekonomian yang luar biasa. Begitu juga dengan Festival Kopi kita tahu bahwa di Papua banyak macam kopi yang enak-enak, dan tadi ratusan UMKM turut berpartisipasi," kata Menpora Amali saat itu.

Untuk sukses lainnya seperti penyelenggaraan, Papua telah menunjukkan kepada dunia bahwa even olahraga besar pun mampu dilaksanakan dengan baik, lancar, aman, dan nyaman."Torang Bisa, Papua telah mampu menyelenggarakan even besar, dan ini kesuksesan pertama," ucapnya.

"Untuk sukses kedua prestasi, telah banyak atlet-atlet yang melahirkan rekor-rekor, dan menjadi pelapis menuju pelatnas, serta semoga sukses secara administrasi diraih, sebagai sukses ketiga," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])