Piala Dunia 2022 Qatar Diserang Isu HAM Gegara Jersey Inggris

Nusantaratv.com - 24/11/2022 08:46

Piala Dunia 2022 Qatar 2022 - Grup B - Inggris v Iran - Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, 21 November 2022, dimana Jude Bellingham dan Declan Rice dari Inggris melakukan pemanasan sebelum pertandingan. (Hannah Mckay/Reuters)
Piala Dunia 2022 Qatar 2022 - Grup B - Inggris v Iran - Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, 21 November 2022, dimana Jude Bellingham dan Declan Rice dari Inggris melakukan pemanasan sebelum pertandingan. (Hannah Mckay/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar memunculkan kabar tidak sedap. Hal ini terkait dengan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) akibat upah tidak layak yang diterima para pekerja. 

Dikutip dari Doha News, Kamis (24/11/2022), harga jersey tim nasional (timnas) Inggris yang dibanderol seharga £115 (sekitar Rp2 juta) ternyata tidak sebanding dengan upah yang diterima pada pekerjanya.

Para pekerja pabrik di Thailand hanya menerima bayaran sebesar £1 (sekitar Rp19 ribu) untuk memproduksi jersey tim berjuluk 'The Three Lions' itu. Hal itu terungkap ketika badan-badan sepak bola seluruh Eropa melanjutkan kritik terhadap tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar perihal HAM.

Akibat adanya perbandingan yang sangat mencolok antara harga jual jersey dengan upah yang diterima para pekerja hingga membuat marah para penggemar. Kendati tidak dijelaskan di mana lokasi pembuatan jersey tersebut. Namun dari situs resmi Asosiasi Sepak bola Inggris menyatakan, jersey tersebut diproduksi untuk Nike di Thailand.

Mahalnya harga yang ditawarkan bahkan membuat sejumlah orang tua yang akan membeli jersey untuk diberikan kepada anak-anak mereka tampak menyimpan amarah.

"Saya akan membelikan kaus baru England Lionesses untuk Euro - £60 untuk kaus sepak bola anak-anak. Perampokan siang hari," kata seorang penggemar yang tidak disebutkan identitasnya itu.

Nada serupa juga diungkapkan suporter Inggris lainnya. "Saya benar-benar tidak percaya orang membayar harga yang sangat tinggi untuk kaos sepak bola Inggris terbaru. Siapa pun yang membelinya, terutama di masa keuangan yang sulit ini, pasti memiliki lebih banyak uang daripada akal sehat," cetusnya.

Para ahli dalam bisnis pakaian memperkirakan jika jersey tersebut biasanya berharga £11 (sekitar Rp208 ribu) atau £12 (sekitar Rp227 ribu) untuk diproduksi di pabrik.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in