Pertandingan Sudah Berjalan 9 Hari, Stadion Utama Sumut untuk Acara Penutupan PON 2024 Belum Rampung

Nusantaratv.com - 05 September 2024

Pembangunan Stadion Utama Sumut yang akan digunakan sebagai tempat acara penutupan PON 2024 terus dikebut/ist
Pembangunan Stadion Utama Sumut yang akan digunakan sebagai tempat acara penutupan PON 2024 terus dikebut/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumatera Utara yang menjadi tuan rumah bersama dengan Aceh tampaknya tak berjalan sesuai target. Pasalnya, proses pembangunan Stadion Utama Sumut yang akan digunakan sebagai tempat acara penutupan PON XXI/2024 belum juga rampung. Baru mencapai 94 persen. Padahal pertandingan di ajang pesta olahraga provinsi se-Indonesia ini sudah berjalan selama sembilan hari sejak tanggal 28 Agustus lalu. 

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat meninjau langsung ke lokasi, Kamis (5/9/2024) mengatakan progres pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara di Deli Serdang yang menjadi lokasi penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 sudah mencapai 94 persen.

"Kami harapkan dalam waktu dekat atau tujuh hari ke depan sudah tuntas. Dan jeda waktu menuju penutupan itu bisa dimanfaatkan bila ada yang masih kurang," ujar Muhadjir. 

Muhadjir juga mengungkapkan untuk mempercepat proses pembangunan, sejumlah pihak turut terlibat seperti dari TNI-Polri.

"Semuanya berjalan lancar dan berkat dukungan pasukan dari Zeni Angkatan Darat yang dikerahkan sebanyak 300 personel," kata Muhadjir.

Di lokasi proyek pembangunan pekerja sibuk berlalu lalang dan sejumlah alat berat terus beroperasi. Kondisi jalan untuk memasuki stadion pun belum sepenuhnya beraspal. Tumpukan tanah dan pasir masih menggunung.

Meski demikian, dengan adanya bantuan dari personel TNI-Polri dan pengerjaan yang dilakukan 24 jam tanpa henti, Muhadjir optimistis pembangunan Stadion Utama Sumut dapat selesai sebelum upacara penutupan pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Muhadjir mengatakan mendapat tugas dari Presiden sebagai Ketua Pengarah untuk percepatan pembangunan venue PON di Aceh dan Medan.

Pada hari ini, dia bersama pemangku kepentingan lainnya meninjau sejumlah lokasi seperti venue BMX Disporasu di Medan. Semuanya, kata Muhadjir, sudah hampir rampung. 

"Tinggal merapikan saja," katanya.

Adapun Stadion Utama Sumatera Utara akan digunakan untuk penutupan PON 2024 pada 20 September. Stadion tersebut dapat menampung 26.000 orang.

Sementara untuk pembukaan PON 2024 berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada 9 September.

PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah PON dari segi jumlah peserta.

Sebanyak 1.042 nomor pertandingan dari 65 cabang olahraga akan dipertandingkan di Aceh dan Sumatera Utara.

Di Aceh, 33 cabang olahraga dengan 42 disiplin akan melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial.

Sementara di Sumatera Utara, 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin, melibatkan 6.618 atlet dan 3.320 ofisial. (dari berbagai sumber).

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close