Persaingan Ketat Tiga Tim Papan Atas di IBL 2023

Nusantaratv.com - 28 Maret 2023

Satria Muda Pertamina
Satria Muda Pertamina

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - IBL 2023 memasuki jeda kompetisi yang cukup panjang. Kurang lebih ada dua bulan yang mana akan diisi oleh agenda internasional, seperti SEA Games.

Musim reguler IBL 2023 sudah berlangsung lima seri. Dari jumlah tersebut ada tiga tim yang bisa dibilang perkasa dan persaingan di antara mereka makin sengit. 

Satria Muda Pertamina Jakarta menjadi pemimpin klasemen sementara dengan rekor 17 kemenangan dan satu kali kalah. Tempak kedua dan ketiga ada Prawira Harum Bandung dan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dengan rekor identik 16-2. Prawira ada di atas Pelita Jaya, karena unggul head-to-head (1-0). 

Satria Muda adalah tim yang paling dominan, setidaknya sampai seri kelima di Semarang. Sebab, dari satu kekalahan yang mereka derita, bulan dari dua tim di bawahnya.

Sebab, tim yang berhasil mengalahkan Hardianus dan kawan-kawan adalah Dewa United Banten. Bukan Prawira atau Pelita Jaya. Satria Muda malah unggul head-to-head (1-0) dari Prawira dan Pelita Jaya. Hebatnya lagi, Satria Muda masih bisa sapu bersih satu seri di Semarang, meski tanpa diperkuat pemain asing. 

Bergeser ke Prawira. Tim asuhan head coach David Singleton tersebut kalah dua kali, yaitu dari Bima Perkasa Jogja dan Satria Muda. Selebihnya, Prawira menyapu 16 kemenangan dari 18 pertandingan.

Prawira masih punya kesempatan untuk membalas kekalahan dari Satria Muda dan Bima Perkasa. Karena masih bertemu sekali untuk musim reguler 2023.

Sementara itu, Prawira harus waspada kalau bertemu dengan Pelita Jaya Bakrie Jakarta di sisa musim ini. Karena Pelita Jaya tentunya mengusung misi untuk revans.

Pelita Jaya kalah dua kali dari tim yang ada di atasnya. Pelita Jaya kalah 45-69 atas Prawira di Bali, dan menyerah 67-72 atas Satria Muda di Surabaya.

Meski demikian, mereka masih punya kesempatan untuk balas dendam di sisa seri yang ada.

Kalau Pelita Jaya ingin berada di puncak klasemen, maka mereka harus menyapu bersih kedua tim tersebut. Sehingga mereka bisa menyamakan head-to-head. 

Secara total, kontestan IBL 2023 akan bertanding sebanyak 30 kali untuk musim reguler. Masing-masing tim akan bertanding dengan lawan yang sama sebanyak dua kali. Seri selanjutnya akan dijadwalkan di Jogjakarta, Bandung, dan Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])