Perguruan Karate-Do Tako Rayakan Ulang Tahun ke-59, Nurdin Tampubolon: Tako Indonesia Harus Jadi Kebanggaan dalam Mengharumkan Bangsa

Nusantaratv.com - 24 Februari 2022

Perguruan Karate-Do Tako Rayakan Ulang Tahun ke-59. (Adiantoro/NTV)
Perguruan Karate-Do Tako Rayakan Ulang Tahun ke-59. (Adiantoro/NTV)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perguruan Karate-Do Tako Indonesia merayakan hari lahirnya yang ke-59 pada 24 Februari 2022.

Perguruan Tako Indonesia pada mulanya bernama Seni Beladiri Perisai Diri yang dipelajari dari Guru R.M. Dirjo Atmojo (Surabaya) dan selanjutnya digabungkan dengan Crooked Jujitsu yang dipelajari dari Guru Ondo Tokugawa (Surabaya), maka didirikanlah Perguruan Karate-Do Tako Indonesia pada 1963 oleh Drs. Syahrun Isa, MIAUP. 

Dalam perjalanannya setelah melakukan hubungan dan kerjasama dengan aliran Karate Shito-Ryu, Kei Shin Kan dan Shotokan, terciptalah satu Seni Beladiri yang dinamakan AKSI TAKO. Seni Beladiri Tangan Kosong (TAKO) atau Perguruan Tako Indonesia, lengkapnya Perguruan Karate-Do Tako Indonesia sampai dengan saat ini masih merupakan salah satu Perguruan Karate-Do yang bernaung di bawah Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI). 

Perguruan Karate-Do Tako Indonesia didirikan di Tebing Tinggi, Sumatera Utara (Sumut), pada 24 Februari 1963. Hadir dalam perayaan ulang tahun Karate-Do Tako yakni Ketua Dewan Guru Ir. Effendi Sirait., Anggota Dewan Guru Anthony Simanjuntak, Ketua Umum Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM., Wakil Ketua Umum I Irjen Pol (P) Daniel Pasaribu, Wakil Ketua Umum II Dr. Ir. Irian Sitorus Pane, M.M., M.B.A., Sekertaris Umum (Sekum) Joseph Hutabarat, SE, SH, MH., Wakil Sekretaris Umum I Dimpos G Tampubolon, S.T., Wakil Bendahara Umum Randy M Tampubolon, S.T., Ketua Koordinator Bidang Hubungan Luar Negeri dan Antar Aliran Tommy W Tampubolon, ST., Ketua Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Amru Sepkosukuan PS dan Pengurus Provinsi (Pengprov) Perguruan Karate-Do Tako Indonesia.

Ketua Umum PB Tako Dr. Ir. Nurdin Tampubolon, MM., mengatakan dengan meningkatnya kasus Covid-19 varian Omicron maka acara perayaan ulang tahun Perguruan Karate-Do Tako Indonesia pada tahun ini dihelat secara zoom. "Semoga ini tidak mengurangi rasa hormat kita kepada semua pendiri maupun Dewan Guru Perguruan Karate-Do Tako," ujar Nurdin Tampubolon, di Jakarta, Kamis (24/2/2022). 

Dia mengatakan momen ulang tahun bisa menjadi berkat bagi Perguruan Karate-Do Tako untuk meraih prestasi tinggi di kancah nasional maupun internasional demi mengharumkan bangsa. Nurdin Tampubolon menambahkan pengurus Perguruan Karate-Do Tako tetap komitmen mendukung rencana pengiriman para atlet yang berkualitas untuk mengikuti sejumlah kejuaran baik, regional, nasional maupun internasional.

Dia juga menyebut soliditas dan sinergitas harus dijaga bersama oleh seluruh pengurus Perguruan Karate-Do Tako baik di tingkat pusat maupun daerah dan seluruh atlet. "Soliditas harus diutamakan dalam mencapai tujuan cita-cita organisasi. Saatnya Perguruan Karate-Do Tako Indonesia bisa meraih medali emas. Semoga Tako menjadi sesuatu yang bisa dibanggakan dalam mengharumkan bangsa. Selamat ulang tahun kepada Perguruan Karate-Do Tako di seluruh Indonesia. Semoga jaya selalu di masa depan," imbuh Nurdin Tampubolon.

Sementara itu, Ketua Dewan Guru Ir. Effendi Sirait., mengungkapkan di tengah tantangan yang dihadapi saat ini, Perguruan Karate-Do Tako Indonesia masih bisa terus berprestasi. "Kita selalu berhasil menghasilkan karateka-karateka yang perkasa, rendah hati, dan luhur budi. Para atlet juga telah membuktikan prestasinya selama ini. Sehingga tidak sia-sia usaha yang kita lakukan selama ini," imbuh Effendi Sirait.

Ke depan, kata Effendi Sirait, Tako Indonesia bisa terus berperan dan berpartisipasi dalam kejuaran yang digelar Forki (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia), baik kejuaraan nasional maupun internasional. "Ke depan tantangan yang kita hadapi semakin berat terutama pandemi dan perkembangan teknologi. Kami yakin dan optimis dengan memegang teguh prinsip Tri Cita Utama, kita semua akan lebih berprestasi," terangnya.

"Kita akan lebih banyak mempersembahkan medali emas untuk Perguruan Karate-Do Tako Indonesia. Mari kita bersama memajukan Tako ini di masa akan datang. Karena Tako juga bagian dari memajukan masyarakat, bangsa dan negara," jelas Effendi Sirait. 

Harapan senada juga diungkapkan Daniel Pasaribu. Dia berharap semakin banyak atlet yang berjaya di kancah nasional maupun internasional. "Ini menjadi momen terbaik untuk membangun soliditas demi mencapai tujuan bersama meraih prestasi gemilang untuk Perguruan Karate-Do Tako Indonesia," tukas Daniel Pasaribu.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan sertifikat kepada pengurus Perguruan Karate-Do Tako Indonesia, yakni Dimpos G Tampubolon, Randy M Tampubolon, dan Tommy W Tampubolon.  

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close