Perburuan Emas Cabor Catur  PON 2024 Diramaikan Seluruh Pecatur Top Nasional

Nusantaratv.com - 10 September 2024

Ketua Dewan Hakim, Henry Hendratno di venue cabor catur PON 2024
Ketua Dewan Hakim, Henry Hendratno di venue cabor catur PON 2024

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pertandingan di cabang olahraga (cabor) catur Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 resmi dimulai pada hari ini Selasa (10/9/2024). Laga digelar di Hotel Mikie Holiday, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumut, 10-19 September 2024. 

Perebutan medali emas di tiga nomor yang dipertandingkan dipastikan bakal berlangsung seru dan sengit. Pasalnya, seluruh pecatur top nasional turun mewakili provinsi masing-masing. 

Di kelompok putra ada pecatur nomor wahid Indonesia Grand Master (GM) Susanto Megaranto membela Jawa Barat, GM Novendra Priasmoro dari DKI Jakarta kemudian Mohamad Ervan, Dziththauly Ramadhan, Nayaka Budidharma dari Jawa Timur serta Yoseph Theolifus Taher dan Sean Winsand Cuhendi yang membela Kalimantan Tengah dan lainnya. 

Sementara di bagian putri dua pecatur kakak beradik bergelar Master Internasional Wanita (MIW) dari DKI Jakarta, Ummi Fisabilillah dan Laysa Latifah akan menantang dua pecatur terbaik Indonesia GMW-MI Irene Kharisma Sukandar dan Medina Warda Aulia yang membela Jawa Barat serta Chelsie Monica Sihite dari Kalimantan Timur. 

Ketua Dewan Hakim Cabor Catur PON 2024, Henry Hendratno menyampaikan total ada 12 medali emas yang diperebutkan dalam PON kali ini. 12 medali emas tersebut tersebar di tiga nomor yang dipertandingkan yakni catur kilat (3 menit plus increament 2 detik) beregu dan perorangan putra-putri 9 babak, catur cepat (15 menit plus increament 10 detik) beregu dan perorangan putra-putri 9 babak serta catur standar beregu dan perorangan putra-putri 9 babak. 

"Sesuai jadwal pertandingan catur PON 2024 diawali dengan pertandingan catur kilat sampai dengan tanggal 11 September. Dilanjutkan dengan pertandingan catur cepat selama tiga hari, tanggal 12 sampai 14 September. Puncaknya pertandingan catur standar tanggal 15 sampai penutupan di 19 September," terang Henry Hendratno yang juga menjabat sebagai Sekjen PB Percasi.

Berdasarkan data keabsahan peserta cabor catur PON 2024, kata Henry, total ada 96 atlet yang lolos kualifikasi PON. Terdiri dari 48 atlet putra dan 48 atlet putri. 

"Kalau lihat daftarnya nyaris seluruh pecatur top nasional turun di PON 2024. Ada Susanto Megaranto, Novendra Priasmoro, Irene Kharisma Sukandar, Medina Warda Aulia dan lainnya," ujar Henry. 

Henry lebih lanjut mengatakan untuk nomor dan sistim pertandingan cabor catur PON 2024 Aceh-Sumut sama dengan di PON 2020 Papua. 

"Hanya perbedaannya ada pada jumlah peserta. Karena di PON 2024 peserta tambah tiga orang di perorangan putra dari tiga Darah Otonom Baru (DOB) yaitu Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan," jelasnya. 

Bentrok dengan Olimpiade Catur

Perhelatan catur pada PON 2024 di Aceh-Sumut ternyata bentrok dengan jadwal Olimpiade Catur ke-45 di Budapest, Hongaria dari 10 hingga 23 September 2024.

Alhasil PB Percasi terpaksa menurunkan tim nasional catur Indonesia lapis dua di ajang Olimpiade Catur 2024. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close