Pengalaman Berharga Pemain Bima Perkasa di Hong Kong

Nusantaratv.com - 26 November 2022

Ikram Fadhil
Ikram Fadhil

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Bersaing di turnamen 3x3 profesional kelas dunia memang tidak mudah. Namun merupakan pengalaman yang luar biasa bisa merasakan kerasnya persaingan di sana.

Itulah yang diutarakan oleh pemain-pemain tim Yogyakarta Gojek, setelah mengikuti FIBA 3x3 World Tour Hong Kong Master 2022. 

Yogyakarta Gojek merupakan juara IBL Gojek 3x3 Indonesia Tour 2022, yang berhak mewakili Indonesia di Hong Kong. Empat pemain yang menjadi anggotanya adalah Restu Dwi Purnomo, Ikram Fadhil, Indra Muhammad, dan Avin Kurniawan.

Yogyakarta Gojek harus gugur di fase Qualifiying Draw B, setelah kalah 12-18 dari Hong Kong Island, dan 13-20 dari tim Hong Kong. 

Ikram Fadhil salah satu punggawa Yogyakarta Gojek mengatakan kalau dirinya mendapatkan pelajaran berharga saat bertanding di Hong Kong. Memang tidak mudah bersaing di level dunia, apalagi lawan punya banyak kelebihan termasuk akurasi tembakan. 

"Defense yang paling penting. Komunikasi juga berpengaruh dalam pertandingan 3x3. Apalagi menghadapi tim-tim yang lebih unggul dalam beberapa aspek, termasuk akurasi dan size," kata Ikram. 

Ikram juga berpesan, ke depan tim yang mewakili Indonesia di turnamen tingkat dunia harus punya persiapan yang matang. Jadi standart permainan untuk turnamen 3x3 di Indonesia harus lebih ditingkatkan lagi. Termasuk soal kontak fisik. 

"Memang harus lebih phisycal lagi. Karena lawan memang lebih besar dari kami. Ke depan ini harus ditingkatkan di level lokal, sehingga saat tampil di tingkat dunia, kita bisa mengimbangi mereka," lanjutnya. 

FIBA 3x3 World Tour bisa dikatakan sebuah liga profesional tingkat dunia yang diikuti tim-tim 3x3 profesional. Liga ini mulai tenar di tahun 2014, dan sudah banyak melahirkan bintang-bintang 3x3 kelas dunia.

Indonesia juga selalu hadir dalam turnamen tersebut, meski sampai sekarang belum ada yang bisa menyamai prestasi tahun 2013, di mana ada wakil Indonesia yang bisa menjuarai salah satu seri Masters di Jepang. Saat itu salah satu pemainnya adalah Risky Effendy yang sekarang bermain di Tangerang Hawks.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])