Penantian 23 Tahun PSM Makassar Terbayar Lunas

Nusantaratv.com - 02 April 2023

PSM Makassar juara Liga 1 2023
PSM Makassar juara Liga 1 2023

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - PSM Makassar akhirnya sukses merebut gelar mahkota Liga 1 musim 2022/2023 dari sang juara bertahan Bali United.

Penantian panjang suporter PSM selama 23 tahun terakhir terbayar lunas dengan kemenangan PSM 1-3 atas tuan rumah Madura United FC hari Jumat (31/3) malam.

Pemain Bali United, Rahmat yang adalah mantan penggawa Juku Eja ini menyebutkan faktor kesuksesan mereka atas raihan gelar baru di musim ini.

PSM keluar sebagai juara setelah memastikan kemenangan atas Madura United FC di pekan ke-32 yang menjadikan mereka memiliki 72 poin.

Sementara Persib Bandung yang berada di bawahnya gagal mengejar kemenangan setelah kalah dari Persija Jakarta.

Persib hanya memiliki 59 poin di bawah PSM dan pertandingan mereka hanya menyisakan tiga laga untuk menutup musim ini.

Artinya jika Persib berhasil sapu bersih kemenangan pada 3 laga  tersebut hanya mencapai 68 poin dan masih berada di bawah PSM Makassar.   

“Pertama saya ucapkan selamat buat PSM Makassar yang sukses meraih juara Liga 1 musim ini. Saya cukup tahu bagaimana besarnya kerinduan suporter menanti 23 tahun lamanya untuk bisa kembali juara di kompetisi resmi. Saya ketika masih di PSM hanya bisa membantu juara Piala Indonesia saja,” ungkap Rahmat.

PSM sendiri akhirnya berhasil merebut tahta mahkota milik Bali United yang sudah dimiliki selama 3 musim terakhir oleh klub asal pulau dewata  ini.

Seperti yang diketahui, setelah Persija Jakarta di musim 2018, Bali United keluar sebagai juara pada musim 2019.

Kemudian pada musim kompetisi 2020 setelah berjalan 3 pekan, kompetisi harus dihentikan karena situasi pandemi Covid-19.

Sehingga mahkota gelar juara masih milik Bali United.

Barulah pada akhir tahun 2021, kompetisi Liga 1 2021/2022 kembali dijalankan dan kembali diraih oleh Bali United sebagai juara bertahan dari kompetisi domestik tersebut.

Kompetisi Liga 1 2022/2023 pun menghadirkan juara baru yang telah menanti selama 23 tahun.

Terakhir PSM Makassar keluar sebagai juara liga Indonesia pada musim 1999/2000.

Rahmat yang bergabung dengan Bali United tahun 2020 setelah berkarier 11 tahun bersama PSM menyebutkan bila faktor konsisten dan semangat dari semua pemain menjadi kunci kesuksesan mereka.

“Saya pikir permainan mereka konsisten dan penuh semangat di musim ini. Terutama anak-anak muda yang diberikan kesempatan tidak pernah lelah dalam setiap pertandingan untuk mencapai poin kemenangan. Selain itu peran pelatih juga sangat mempengaruhi kualitas mereka,” jelas Rahmat.

Meski sudah tidak bersama PSM Makassar, Rahmat selalu mendoakan yang terbaik untuk perjalanan PSM Makassar.

Dia tetap menjadi pemain profesional dimana pun bermain untuk klub yang dibelanya.

Bersama Bali United, Rahmat sukses membantu mempertahankan gelar Liga 1 2021/2022 sebelum akhirnya musim ini dimiliki mantan timnya, PSM Makassar.

Pada musim ini juga, Rahmat terbilang sebagai pemain lokal produktif karena sukses mencetak 7 gol dan 5 assist dari 23 penampilannya bersama Serdadu Tridatu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])