Pelajaran Berharga Bali United di Piala AFC 2022

Nusantaratv.com - 01 Juli 2022

Laga Bali United vs Kaya FC
Laga Bali United vs Kaya FC

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Langkah Bali United di AFC Cup 2022 telah resmi berhenti di fase grup. Serdadu Tridatu yang tergabung dalam grup G bersama Kedah Darul Aman FC (Malaysia), Visakha FC (Kamboja), dan Kaya FC Iloilo (Filipina) gagal melaju ke babak semifinal zona ASEAN.

Anak asuh Stefano Cugurra ini sempat tampil meyakinkan di laga perdananya dengan sukses mengalahkan Kedah FC dengan skor 2-0 (24/6). Namun, pada pertandingan kedua, Bali United tampil buruk hingga dikalahkan 2-5 oleh Visakha FC (27/6).

Akibat kekalahan telak tersebut, asa Serdadu Tridatu untuk menembus semifinal semakin sulit. Sebab, hanya akan ada satu runner-up terbaik dari seluruh grup zona ASEAN yang berhak lolos.

Serdadu Tridatu masih memiliki peluang untuk lolos tetapi harus menunggu hasil pertandingan di grup H dan I. Bali United menggantungkan harapan pada pertandingan grup H yaitu Kuala Lumpur FC melawan Tampines Rovers serta di grup I Viettel berhadapan dengan Hougang.

Meski demikian, Ilija Spasojevic dan kolega menolak menyerah dan tetap optimis menatap laga ketiga melawan Kaya FC Iloilo (30/6). Kemenangan pun berhasil diraih.

Keunggulan tipis 1-0 atas Kaya FC sempat memberikan harapan bagi Bali United. Ditambah lagi Viettel sukses menang besar 5-2 dari Hougang. Namun sayang, pada grup H, Tampines Rovers tunduk 1-2 dari Kuala Lumpur FC.

Sementara itu Kedah FC berhasil menang telak 5-1 atas Visakha FC. Sehingga Serdadu Tridatu harus turun ke posisi ketiga klasemen akibat kalah head to head dengan skuad Blue Horse –julukan Visakha FC.

Hasil tersebut membuat Bali United gagal melaju ke fase semifinal zona ASEAN sebagai runner-up terbaik. Justru Kuala Lumpur FC yang melenggang lolos menemani juara grup H, yakni PSM Makassar.

Sementara itu, berkat kemenangan besar atas Visakha FC, Kedah FC menjadi juara grup G dan berhak lolos ke semifinal.

Hasil tersebut tentu membawa kekecewaan bagi Bali United. Terlebih lagi, ini menjadi kali ketiga langkah Serdadu Tridatu terhenti di fase grup kompetisi kancah Asia. Dalam dua edisi AFC Cup sebelumnya, pada tahun 2018 dan 2020, Fadil dan kolega menjadi juru kunci grup.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close