PB Percasi Kirim 3 Pecatur Terbaik ke Asian Continental Chess Championship 2023 di Kazakhstan

Nusantaratv.com - 30 Mei 2023

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem/ist
Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) yang dipimpin Ketua Umum Grand Master (GM) Utut Adianto bakal mengirim tiga pecatur terbaik ke ajang Asian Continental Chess Championship 2023 yang akan berlangsung di Almaty, Kazakhstan, mulai 3-12 Juni. 

Ketiga pecatur yang akan dikirim terdiri dari dua pecatur putra yakni GM Susanto Megaranto (elo rating 2523), Master Fide (MF) Aditya Bagus Arfan (2408) dan satu pecatur putri Grand Master Wanita-Master Internasional (GMW-MI) Irene Kharisma Sukandar (2390). 

Asian Continental Chess Championship (ACCC) merupakan ajang seleksi perebutan tiket ke Piala Dunia Catur 2023 di Baku, Azerbaijan pada Juli-Agustus mendatang. Ada 6 tiket yang diperebutkan yaitu 4 tiket di kelompok Open/Putra dan 2 tiket di kelompok Putri. Selain memperebutkan tiket ke Piala Dunia, ajang ini juga menyediakan hadiah yang fantastis sebesar 100.000USD atau setara dengan Rp1,5 miliar. 

Ajang ACCC 2023 akan mempertandingkan catur standar atau klasik 9 babak. Tercatat ada 86 pecatur dari 20 negara yang sudah konfirmasi bakal ambil bagian. Antara lain dari Indonesia, tuan rumah Kazakhstan, China, India, Iran, Filipina, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Mongolia, Singapura dan lainnya. 

Pertandingan di kelompok Open/Putra ACCC 2023 dipastikan bakal menyuguhkan laga-laga seru dan berkualitas. Karena sejumlah GM ternama juga bakal turun bertanding, seperti GM Sethuraman Panayappan dan GM Vijay Pranav dari India, GM Rustam Kasimdzhanov dan GM Shamsiddin Vokhidov dari Uzbekistan, GM Xu Jun dari China serta  GM andalan tuan rumah Kazakhstan, Murtas Kazhgaleyev.

Begitu juga di kelompok Putri karena beberapa pecatur kuat seperti GMW dari India, Pallathur Venkatachalam Nandhidhaa, Batkhuyag Munguntuul (Mongolia) dan pecatur putri terbaik Indonesia GMW-MI Irene Kharisma Sukandar bakal bersaing ketat memperebutkan dua tiket yang tersedia.

Irene menempati unggulan ke-2 dari 42 peserta di bawah unggulan utama GMW-MI Batkhuyag Munguntuul. Sementara unggulan ke-3 ditempati pecatur India GMW Deshmukh Divya (2372).       

Berpeluang Lolos

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem mengatakan dipilihnya Susanto Megaranto, Aditya Bagus Arfan dan Irene Kharisma Sukandar mewakili Indonesia ke ajang Asian Continental Chess Championship 2023 di Kazakhstan lantaran ketiganya dinilai memiliki prestasi yang bagus.  

Termasuk saat tampil di ajang Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 yang berlangsung di Hotel Century Park Jakarta pada 5-13 Mei lalu yang juga menjadi ajang seleksi ke Piala Dunia 2023. 

Di ajang ini Susanto yang bertanding di kelompok Open/Putra menempati peringkat 7 dari 35 peserta dengan 5,5 poin. Sedangkan Aditya berada di urutan 9 juga mengemas 5,5 poin. 

Sementara Irene yang turun di kelompok Putri finish di urutan ke-4 dari 23 peserta dengan mengoleksi 5,5 poin. Di bawah juniornya Master Internasional Wanita (MIW) Dita Karenza yang menempati urutan ke-3 dengan 6 poin. 

Dengan hasil itu, baik Susanto, Aditya maupun Irene gagal merebut tiket lolos ke Piala Dunia 2023.

"Aditya Bagus Arfan pecatur masa depan Indonesia perlu diapresiasi prestasinya, termasuk di Asian Zone 3.3 Chess Championship 2023 lalu. Begitu juga dengan Susanto dan Irene," kata Kristianus Liem saat dihubungi, Selasa (30/5/2023).

Selain mereka bertiga, lanjut Kristianus, GM Novendra Priasmoro juga sebenarnya berpeluang dikirim ke ACCC 2023. 

"Tapi Novendra sedang mengikuti dua turnamen catur internasional di Vietnam. Jadi bentrok," tuturnya. 

Ditanya mengenai peluang Susanto Megaranto, Aditya Bagus Arfan dan Irene Kharisma Sukandar di ACCC 2023, menurut Kristianus meski terbilang berat namun ketiganya tetap berpeluang merebut tiket lolos ke Piala Dunia 2023. 

"Kalau mujur bisa lolos," pungkas Kristianus Liem.

Susanto Megaranto bersama Aditya Bagus Arfan dan Irene Kharisma Sukandar rencananya akan bertolak ke Kazakhstan pada Rabu 31 Mei 2023. 

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])