Patung 'Speed' Presiden Jokowi jadi Ikon Sirkuit Internasional Mandalika Lombok

Nusantaratv.com - 21 Februari 2022

Patung 'Speed' Presiden Joko Widodo (Jokowi)/ist
Patung 'Speed' Presiden Joko Widodo (Jokowi)/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Tak lama lagi, patung 'speed' yang menggambarkan sosok Presiden Joko Widodo yang tengah melesat mengendarai motor custom akan dipasang di pintu gerbang Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Patung seberat 3 ton karya seniman asal Bali, Nyoman Nuarta  akan menjadi ikon di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). 

Patung tersebut  telah diberangkatkan dari Studio Nyoman Nu Art di Kota Bandung menuju Mandalika menggunakan truk dolly, pada Sabtu (19/2/2022) malam. 

Diperkirakan, perjalanan menuju Mandalika akan memakan waktu lima sampai tujuh hari.

Menurut Nyoman Nuarta proses pemasangan patung Jokowi itu di Mandalika kemungkinan hanya memakan waktu dua hari.

"Pemasangan di lokasi akan ditangani oleh para tenaga ahli dari Bandung sebanyak enam orang. Tapi, yang mengerjakan patung semuanya ada 20 orang selama sekitar sebulan," kata Nyoman Nuarta.

Ia menjelaskan pengerjaan 'speed' yang berukuran 670x185x390 centimeter dari bahan tembaga dan kuningan memakan waktu beberapa minggu.

"Kecepatan dan akselerasi, menjadi dua aspek yang saya masukkan dalam simbol 'speed' ini. Itulah yang saya tafsirkan terhadap kepemimpinam Pak Jokowi selama ini. Beliau selalu mendorong percepatan pencapaian cita-cita bangsa," kata Nyoman Nuarta.

Nyoman Nuarta lebih lanjut mengatakan patung monumental ini bakal menjadi ikon yang tak hanya mewakili area sirkuit, melainkan era baru olahraga otomotif di tanah air dan menjadi representasi dari karakter seorang pemimpin.

"Selain kesukaannya blusukan, Pak Jokowi juga suka dengan mengendarai motor custom buatan anak bangsa. Salah satu ukuran penting seorang seniman ialah integritas dan kejujuran. Dan saya selalu pegang itu," katanya.

Patung 'speed' adalah simbol dari pengendali kecepatan dan pendorong kemajuan.

"Saya berusaha menangkap kesan sosok seorang pemimpin yang terus berusaha membangun bangsa tanpa menghilangkan kesan sederhana dan kesukaannya mengendarai motor," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close