Oegroseno Sebut PON XXI/2024 Momentum Penting Untuk Kebangkitan Olahraga Sumut

Nusantaratv.com - 21 November 2023

Komjen Pol Purn Oegroseno
Komjen Pol Purn Oegroseno

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - PON XXI/2024 yang berlangsung di Sumut-Aceh harus menjadi momentum penting untuk kebangkitan olahraga di Sumut.

Pada era 1970-an hingga 1990-an olahraga Sumut menjadi salah satu peta kekuatan olahraga nasional.

Di beberapa cabang olahraga seperti tinju, atletik, wushu, balap sepeda dan sepakbola, Sumut mampu melahirkan sejumlah atlet kelas dunia.

Hal itu disampaikan oleh Komjen Pol Purn Oegroseno, caleg DPR RI Dapil 1 Sumut menanggapi kondisi olahraga di provinsi yang dikenal banyak suku dan budaya itu.

Oegroseno yang pernah menjadi Kapolda Sumut itu juga menilai PON ke-21 nanti bisa dijadikan momentum konsolidasi kekuatan olahraganya.

"Di cabang olahraga tinju, Sumut pernah melahirkan juara Asia Syamsul Anwar Harahap, Paruhum Siregar dan Hendrik Simangunsong. Begitu juga di cabor balap sepeda lahir Sutiyono yang dijuluki raja tanjakan Indonesia. Nah melalui PON ke-21 ini, Sumut harus bangkit," kata Oegroseno.

Terkait sebagai tuan rumah PON ke-21 ini, pria kelahiran Jakarta  67 tahun itu juga menekankan bahwa hal tersebut kesempatan untuk membangun sarana dan prasarana olahraga yang baru sebagai salah satu unsur penting dalam pembangunan olahraga prestasi.

"Meski sejujurnya Saya kurang setuju PON digelar di daerah (luar Jakarta) karena hanya menjadi ajang korupsi bagi pejabat di daerah. Selain itu sarana dan prasarana olahraga yang dibangun dengan biaya ratusan miliar pasca PON, kadang tidak terurus sehingga terbengkalai," tambah Oegroseno yang menjadi caleg DPR RI Dapil 1 Sumut dari Partai Nasdem itu.

Lulusan Akpol 1978 itu juga menyebutkan bahwa olahraga sebagai salah satu pilar penting dalam pembangunan nasional masih belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah kita.

Olahraga belum menjadi sektor unggulan dan lebih parahnya masih banyak yang memposisikan olahraga sebagai beban.
Padahal olahraga selain sebagai alat pemersatu bangsa juga media memperkenalkan  suatu bangsa di luar negeri.

Dan menurut Oegroseno, hanya ada dua momen penting yang membuat olahraga melahirkan kebanggaan di mana lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan dan bendera merah putih dikibarkan yakni ketika Kepala Negara (Presiden) berkunjung ke luar negeri dan atlet kita meraih medali emas di forum olahraga internasional seperti Olimpiade.

Apa yang dikatakan Oegroseno memang bukan mengada-ada. Fakta membuktikan bahwa dalam kampanye caleg baik DPR RI hingga DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota, masalah olahraga nyaris tak pernah disinggung.

Oegroseno sendiri kini menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PP.PTMSI) dan salah satu anggota tim Normalisasi PSSI pasca KLB PSSI pada 2015.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close