NTV Sports: Ayah Rizki Juniansyah: Dilatih dari Kecil, Sempat Terkena Musibah, Alhamdulillah Ini Hasil Terbaik

Nusantaratv.com - 10 Agustus 2024

Ayah Rizki Juniansyah, Mohammad Yasin saat menjadi narasumber dalam program Dialog NTV Sports di Nusantara TV, Jumat (9/8/2024).
Ayah Rizki Juniansyah, Mohammad Yasin saat menjadi narasumber dalam program Dialog NTV Sports di Nusantara TV, Jumat (9/8/2024).

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Lifter kebanggaan Indonesia, Rizki Juniansyah mempersembahkan medali emas kedua buat tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024, pada cabang olahraga angkat besi kelas 73 kilogram.

Sebelumnya, pemanjat tebing nomor speed putra, Veddriq Leonardo, meraih medali emas pertama Indonesia di pesta olahraga multievent terbesar sejagad itu.

Rizki, atlet asal Kota Serang, Banten itu, menjadi kampiun dengan total angkatan besi 354 kg. Yakni, angkatan 155 kg untuk Snatch, serta 199 kg untuk Clean and Jerk.

Selain medali emas, Rizki sukses memecahkan rekor Olimpiade pada angkatan Clean and Jerk Men's 73 kg, yang sebelumnya dipegang atlet China, Shi Zhiyong dengan catatan 198 kg.

Ayah Rizki, Mohammad Yasin mengaku, mendidik Rizki menjadi seorang lifter sejak usia 10 tahun. Meraih medali emas di ajang Olimpiade Paris 2024, menurutnya, adalah pencapaian Rizki yang sangat fantastis. 

"Sebagai pelatih saya menangani Rizki sejak dari kecil, dari usia 10 tahun. Ini suatu pencapaian yang sangat fantastis, dengan liku-liku perjalanan Rizki, dan sempat terkena musibah. Alhamdulillah, ini hasil yang terbaik untuk Rizki," ujar Mohammad Yasin saat menjadi narasumber dalam program Dialog NTV Sports di Nusantara TV, Jumat (9/8/2024). 

Dia juga menyebut medali emas yang diraih Rizki merupakan kado untuk Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI). 

"Ini (medali emas) adalah kado hari kemerdekaan Indonesia yang bisa dipersembahkan Rizki dengan torehan medali emas," sambungnya.

Sebagai seorang ayah, Mohammad Yasin juga mengaku bangga dan bersyukur kepada Allah SWT atas pencapaian Rizki.

"Kegembiraan yang tidak terkira. Saya, istri, keluarga, dan semuanya juga. Benar-benar sudah tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Sangat gembira dan bersyukur, Allah SWT menyayangi kita dengan hasil yang diraih Rizki," ucapnya. 

Dia menambahkan Rizki telah berjuang semaksimal di ajang pesta akbar olahraga empat tahunan itu. "Alhamdulillah Rizki juga di pertandingan ini sudah berjuang semaksimal mungkin," tukas Mohammad Yasin.

Prestasi Rizki Juniansyah:

Medali Emas

- Olimpiade Paris 2024
- IWF World Cup 2024
- Sea Games 2023
- Junior World Championship 2022
- Islamic Solidarity Games 2021
- Junior World Championship 2021

Rekor Angkatan

- Total Angkatan 365 kg
- Angkatan Clean and Jerk 199 kg (rekor Olimpiade)

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close