NTV Sport: Dukung Proyek Naturalisasi PSSI, Kesit Handoyo: Tapi Harus Ada Batasan

Nusantaratv.com - 04 Juni 2024

Kesit Budi Handoyo saat menjadi narsumber dalam program NTV Sport di Nusantara TV, Senin (3/6/2024).
Kesit Budi Handoyo saat menjadi narsumber dalam program NTV Sport di Nusantara TV, Senin (3/6/2024).

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pengamat sepak bola Kesit Budi Handoyo mendukung proyek naturalisasi yang dijalankan PSSI. Kendati demikian, dia tidak setuju jika tim nasional (timnas) Indonesia didominasi oleh para pemain naturalisasi.

"Proyek naturalisasi yang saat ini berjalan sebenarnya sudah bagus. Artinya, kita mencoba memanfaatkan para pemain diaspora, pemain-pemain yang memang secara kualitas harus diakui lebih bagus dibandingkan dengan Indonesia. Buktinya kehadiran mereka mampu mengangkat performa tim nasional. Tapi jangan timnas ini didominasi oleh pemain-pemain naturalisasi," ujar Kesit saat menjadi narsumber dalam program NTV Sport di Nusantara TV, Senin (3/6/2024).

Lebih lanjut, dia meminta PSSI agar tidak melupakan pembinaan pemain usia muda yang nantinya dipersiapkan untuk memperkuat timnas Indonesia.

"Sangat penting untuk menghadirkan pemain-pemain muda, talenta-talenta muda Indonesia yang betul-betul pure pemain Indonesia, sehingga mereka juga nantinya mendapat kesempatan yang luas untuk bisa memperkuat tim nasional Indonesia," sambungnya.

Kesit menilai naturaliasi bukan sesuatu yang haram dan dilarang. Sebab, menurutnya, hampir seluruh negara saat ini melakukan hal tersebut.

"Tapi memang harus ada batasan. Jangan sampai nanti 100 persen pemain nasional Indonesia isinya pemain naturalis semua, kasihan pemain-pemain lokal kita yang sudah berjuang dari muda untuk bisa menjadi pemain nasional," tukas Kesit.
 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close