NTV Prime: STY Singgung Peringkat FIFA Indonesia Jelang Berjuang di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Nusantaratv.com - 12 Juni 2024

Pelatih Shin Tae yong bersama pemain Timnas Indonesia, Tom Haye pada konferensi pers usai laga kontra Filipina
Pelatih Shin Tae yong bersama pemain Timnas Indonesia, Tom Haye pada konferensi pers usai laga kontra Filipina

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Timnas Indonesia berhasil melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai menaklukkan Filipina 2-0 pada laga terakhir Grup F Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam.

Tim asuhan Shin Tae yong juga sukses menorehkan sejarah menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Dalam konferensi pers usai pertandingan, pelatih yang akrab disapa STY itu mengaku terkesan dengan perjuangan pemainnya yang berhasil meraih kemenangan. 

"Mungkin bisa dilihat secara psikologis ada kesulitan juga bagi kita. Namun berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia," kata Shin Tae yong. 

STY mengakui persaingan di putaran ketiga sangatlah berat. Karena akan menghadapi tim-tim yang lebih kuat. Ia juga menyinggung peringkat FIFA Indonesia yang berada di bawah tim-tim yang akan dihadapi di putaran ketiga. 

Meski demikian, juru taktik asal Korea Selatan itu berjanji akan memberikan yang terbaik untuk bisa membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026.

"Memang kita sudah lolos ke babak ketiga. Tidak ada lawan yang mudah bagi kami apalagi ranking FIFA kita 134. Pasti lawan-lawan yang akan kita hadapi lebih baik dari pada kita. Kita bisa bilang tim kita yang paling lemah dari tim-tim yang sudah lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia," tuturnya.

"Tapi kami bertekad untuk mencapainya. Tidak akan pernah menyerah," tandasnya. 

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 diikuti sebanyak 18 tim yang lolos dari putaran kedua termasuk Timnas Indonesia. 

Sesuai sistem yang telah ditetapkan. 18 tim (juara dan runner-up grup ronde 2) akan dibagi menjadi tiga grup masing-masing berisi enam tim dengan sistem kompetisi penuh. Dua tim teratas di klasemen berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2026.

Tim-tim yang menempati peringkat tiga dan empat di putaran ketiga masih memiliki peluang untuk lolos ke Piala Dunia di putaran keempat. 

Enam tim peringkat ke-3 dan 4 pada ronde 3 akan dibagi menjadi dua grup (masing-masing tiga tim). Laga dimainkan di tempat netral, hanya sekali bertanding. Juara grup lolos ke Piala Dunia 2026.

Setelah putaran keempat masih ada satu kesempatan lagi bagi tim-tim yang menempati runner up yakni di putaran kelima. Runner-up grup ronde keempat akan saling berhadapan pada laga dua leg. Tim yang menang akan bermain di play-off inter-konfederasi.

Putaran ketiga hingga putaran kelima dan babak play off akan berlangsung mulai 5 September 2024 hingga 10 Juni 2025.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close