NTV Prime: Ramai Kritik Soal Naturalisasi Pemain, Begini Respons Erik Thohir

Nusantaratv.com - 06 Juni 2024

Ketua Umum PSSI Erik Thohir merespons kritik terkait kebijakan menaturalisasi pemain di Tim Nasional
Ketua Umum PSSI Erik Thohir merespons kritik terkait kebijakan menaturalisasi pemain di Tim Nasional

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ketua Umum PSSI, Erik Tohir, menjawab pernyataan DPR yang meminta Timnas Indonesia diisi 60% pemain lokal dan 40% pemain naturalisasi. 

Erik, yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN, menegaskan bahwa naturalisasi yang dilakukan demi kepentingan Timnas Indonesia.

Hal itu disampaikan Erik saat meninjau kesiapan stadion GBK jelang laga melawan Irak. Ia menyatakan bahwa naturalisasi saat ini dilakukan demi kepentingan Timnas. 

Erik menambahkan bahwa PSSI memiliki strategi besar dengan menaturalisasi pemain yang punya darah keturunan Indonesia.

"Nah itu lah yang kita perbaiki. Sekarang kan nasionalisasi itu adalah pemain berdarah Indonesia," ujarnya seperti diberitakan NusantaraTV dalam program NTV Prime, Rabu (5/6/2024).

"Mungkin banyak teman-teman yang terpersepsikan seakan-akan nasionalisasi kita seperti yang lalu-lalu.
Tapi kita punya strategi besar bahwa namanya naturalisasi adalah pemain berdarah Indonesia. Dan kepentingan tim nasional bukan klub," lanjutnya.

Erik mengungkapkan di era PSSI sebelum masa kepemimpinannya program naturalisasi banyak dilakukan untuk kepentingan klub.

"Begitu dinaturalisasi, dipakai tim nasional ogah-ogahan. Tetapi main di klub segar. Dan kualitasnya tidak standar tim nasional,. Nah ini engga bisa," ungkapnya. 

"Memang sepak bola ini rumit," imbuhnya. 

Sebelumnya Dalam rapat kerja antara Komisi X DPR dan Kemenpora pada Senin 3 Juni, saat membahas rencana naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Reven, anggota Komisi X Putra Nababan, mengkritik PSSI yang sudah menaturalisasi 25 pemain sejak 2010 hingga era Erik Thohir. 

Politisi PDI Perjuangan itu meminta PSSI lebih fokus pada pembibitan pemain muda. 

DPR juga meminta agar timnas Indonesia diisi oleh 60% pemain nasional sisanya boleh pemain naturalisasi. 

"Ini betul betul kepercayaan publik terhadap masa depan generasi muda pemain nasional Indonesia ini harus diimbangi. Kalau bisa komposisi pemain di lapangan itu Pak Sekjen PSSI 60 persen lah nasional. Jangan semuanya diisi oleh pemain naturalisasi," kata Putra Nababan. 

Pernyataan Putra yang meminta Timnas Indonesia diisi 60 persen pemain nasional itu pun ramai dibahas di media sosial. 

Saat ini PSSI telah menaturalisasi 15 pemain asing keturunan Indonesia. Dua pemain terbaru yang dinaturalisasi adalah Calvin Verdonk dan Martin Paes.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close