NTV Prime: Pembagian Pot Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Analis: Timnas Indonesia Berpeluang Bikin Kejutan, Asal...

Nusantaratv.com - 12 Juni 2024

Bung Binder dalam Dialog NTV Prime di NusantaraTV
Bung Binder dalam Dialog NTV Prime di NusantaraTV

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Dua pekan jelang pengundian putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, AFC telah merilis pembagian pot 18 tim yang lolos termasuk Indonesia. 

Indonesia menempati pot 6 bersama Korea Utara dan Kuwait. 

Pembagian pot ini sendiri berdasarkan ranking FIFA 18 negara yang berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Korea Utara saat ini berada di ranking 118, kemudian Indonesia di peringkat 134, dan Kuwait di posisi ke-139.

Sementara di lima pot lainnya berisi 15. Di pot pertama, ada Jepang, Iran, dan Korea Selatan. Pot kedua berisi Australia, Qatar, dan Irak. Pot ketiga ada Arab Saudi, Uzbekistan, dan Yordania. Pot keempat berisi Uni Emirat Arab, Oman, dan Bahrain. Kemudian di pot kelima, ada China, Palestina, dan Kirgistan.

Adapun pengundian grup akan dilakukan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia. Ada 6 pot yang akan dibagi menjadi tiga grup. Masing-masing grup berisi enam tim. 

Analis sepak bola Binder Singh mengatakan pembagian pot ini menandakan Indonesia sebagai tim underdog di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

"Tapi itu bagus bagi timnas kita," kata Binder Singh yang akrab disapa Bung Binder saat hadir secara daring dalam Dialog NTV Prime di NusantaraTV, Rabu (12/6/2024).  
 
Menurut Binder dengan usia yang terbilang muda-muda, para pemain Timnas Indonesia tak perlu terbebani. Justru tim asuhan Shin Tae yong harus harus bisa menikmati jalannya pertandingan. 

"Jangan bermain dengan beban tambahan karena sekarang kita sudah masuk ke ronde tiga. All out engga perlu khawatir," ujarnya. 

"Jangan ada beban harus menang dalam diri para pemain kita," imbuhnya. 

Kalau para pemain yang notabene mayoritas masih berusia muda yang relatif belum punya pengalaman lawan tim-tim kuat di Asia, kalau bermain dengan beban itu akan menyulitkan mereka sendiri. 

"Itu yang nanti secara tidak langsung akan membuat mereka melakukan sejumlah kesalahan yang bakal menguntungkan para pemain tim lawan," ujarnya.

Sebaliknya, kata Binder, saat  para pemain Indonesia bermain lepas tanpa beban justru mereka enjoy permainannya. 

"Tapi pada saat bebannya tinggi. Ada euforia yang berlebihan sebelum pertandingan dimainkan. Itu yang bisa menyulitkan para pemain kita," bebernya. 

Binder mengatakan bisa saja nanti Indonesia satu grup lagi dengan Irak atau dengan Jepang. 

"Tapi seharusnya para pemain tidak perlu khawatir siapa yang akan dihadapi. Karena ini adalah momen bagi mereka untuk mendapatkan pengalaman, mendapatkan jam terbang. Asal mereka mengikuti arahan dari Shin Tae Yong dengan baik, saya yakin timnas kita akan bisa membuat kejutan.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close