NTV Morning: Jokowi Resmi Buka PON 2024 Aceh-Sumut, Diikuti 13 Ribu Atlet

Nusantaratv.com - 10 September 2024

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka PON 2024 di Aceh-Sumut
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka PON 2024 di Aceh-Sumut

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Aceh Sumatera Utara 2024 di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh berlangsung meriah. 

PON  ke-21 tahun 2024 menjadi PON pertama yang diadakan di dua provinsi secara bersamaan. 

Sebanyak 13000 atlet akan berkompetisi dalam 1042 nomor pertandingan pada 65 cabang olahraga dan 87 disiplin di 20 kabupaten dan kota di Aceh serta Sumatera Utara sampai 20 September mendatang. 

Acara pembukaan PON ke-21 turut dimeriahkan dengan penampilan tari kolosal yang melibatkan 873 penari putra dan putri dengan mengusung tema Aceh Teuka. 

Tari kolosal itu dibagi dalam beberapa bagian untuk menceritakan tradisi budaya Aceh, keindahan alam Aceh serta semangat juang rakyat Aceh yang disimbolkan oleh keadiran sosok Laksamana Malahyati. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membacakan sambutan yang menekankan pesan sportivitas kepada para atlet agar benar-benar mereka jaga. 

"PON ini adalah ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet-atlet terbaik bangsa. elahirkan lebih banyak pemecah rekor dunia. Melahirkan lebih banyak calon peraih medali emas di Asean Games, di SEA Games dan bahkan di Olimpiade," kata Jokowi dalam sambutannya seperti diberitakan NusamtaraTV dalam program NTV Morning, Selasa (10/9/2024).

Tapi yang juga tidak kalah penting, sambung Jokowi, Pekan Olahraga Nasional ini juga ajang untuk semakin mempererat persatuan, semakin memperkokoh tali persaudaraan  sebagai sebuah bangsa. 

"Oleh sebab itu saya titip betul. Pegang teguh sportivitas dan fairplay. Mari kita semua merayakan Pekan Olahraga Nasional ini dengan semangat kebersamaan dengan semangat sportivitas dan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri. Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim PON ke-21 Aceh Sumatera Utara saya nyatakan dibuka," ujar Jokowi mengakhiri sambutannya sekaligus membuka secara resmi PON 2024. 

Defile atlet dilakukan secara alfabetis dimulai dari Banten kemudian Bali, Bengkulu sebelum ditutup dengan dua kontingen tuan rumah Sumatera Utara dan Aceh. 

Empat daerah otonomi baru yang meliputi Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan melakukan debut di PON 2024. 

Bukan hanya di Aceh opening ceremony di Sumut juga menampilkan defile para kontingen berbarengan dengan defile kontingen di Aceh. 
 
Ribuan masyarakat Sumut yang berada di Deli Serdang dan sekitarnya berbondong-bondong untuk memasuki Stadion Baharuddin Siregar Lubuk Pakam, Deli Serdang. Di akhir acara terdapat lima pembawa api obor untuk dinyalakan di kaldron. Empat di antaranya adalah atlet legenda dari provinsi Sumatera Utara. 


 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close