NTV Morning: Bung Ropan Soroti Sederet Kelemahan Timnas Indonesia yang Harus Dibenahi Kalau Ingin Lolos ke Piala Dunia 2026

Nusantaratv.com - 12 Juni 2024

Analis sepak bola Ronny Pangemanan atau Bung Ropan dalam Dialog NTV Morning di NusantaraTV/tangkapan layar NTV
Analis sepak bola Ronny Pangemanan atau Bung Ropan dalam Dialog NTV Morning di NusantaraTV/tangkapan layar NTV

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Timnas Indonesia berhasil lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 usai menaklukkan Filipina, 2-0 pada laga terakhir Grup F Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Selasa (11/6/2024). 

Meski berhasil memenangkan pertandingan dan merebut tiket, namun menurut analis sepak bola Ronny Pangemanan yang akrab disapa Bung Ropan masih banyak kelemahan Timnas Indonesia yang harus segera dibenahi jika ingin lolos ke Piala Dunia 2026. 

Ropan menilai tim besutan Shin Tae Yong masih memiliki kelemahan di sektor penjaga gawang, lini pertahanan, tengah dan lini serang. Ropan bahkan mengaku telah menyampaikan kepada Ketua Umum PSSI Erik Thohir untuk kembali melakukan naturalisasi pemain demi meningkatkan kualitas permainan Timnas Indonesia. Pasalnya, tingkat persaingan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 sangat berat karena harus berhadapan dengan tim-tim elit Asia seperti Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi, Irak, Uzbekistan, Australia dan lainnya. 

"Pertandingan kemarin mestinya kita mendapatkan lebih dari dua gol. Karena kita sangat menguasai pertandingan. Bahkan saya mencatat kita melakukan 20 tembakan dengan 7 on target. Sementara Filipina hanya 7 tembakan dengan satu on target," kata Ropan saat hadir via daring dalam Dialog NTV Sport di NusantaraTV, Rabu (12/6/2024). 

"Itu memperlihatkan bahwa kemenangan itu sebenarnya tinggal menunggu waktu. Hingga akhirnya diselesaikan dengan baik oleh Tom Haye lewat tembakan yang terukur," imbuhnya. 

Ropan mengakui Timnas Indonesia tampil sangat baik dalam laga kontra Filipina kemarin malam. Namun menurut Ropan, tim asuhan Shin Tae Yong masih memiliki masalah dalam penyelesaian akhir. 

"Menyongsong putaran ketiga, masalah ini harus dipecahkan oleh STY. Bahwa kita harus punya pemain yang kuat di depan. Ini tidak main main di putaran ketiga. Semua tim termasuk Indonesia yang lolos itu adalah tim yang kuat. Jadi ini bukan Filipina lagi yang kita hadapi," ujarnya. 

"Kalau saya lihat kemarin hanya Ragnar Oratmangoen yang bekerja dengan sangat keras. Dua gol kita datang dari tengah sama lini belakang yaitu Ridho dengan Haye," tambahnya.

Ropan menegaskan untuk bisa bersaing di putaran ketiga, Shin Tae yong harus membenahi timnya sebaik mungkin. 

"Makanya saya juga bilang ke Ketum PSSI Pak Erik Thohir ada PR yang luar biasa. PR itu apa? Yaitu kita harus mendapat lagi pemain yang bagus di depan. Yang bisa mencetak gol dengan baik. Karena finishing masih sangat kurang. Kita tidak boleh berharap lagi ketika di depan itu tidak bisa mencetak gol kemudian itu datang dari tengah atau pemain belakang," tuturnya. 

Tak ada pilihan lain kata Ropan, STY harus bisa mendapatkan pemain pemain yang berkualitas 

"Harus ada penambahan lagi. Pemain yang punya grade A yang bagus. Sehingga kita bisa bersaing
dengan Korsel, Jepang, Irak, Uzbekistan, Australia, Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman, Kirgistan.  Semua tim ini sudah lolos. Akan menjadi lawan kita," tandasnya. 

Selain lini depan, sambung Ropan, STY juga harus mencari penjaga gawang yang lebih berkualitas, bek tangguh dan pemain tengah yang lebih ciamik. 

"Harus ada penambahan satu di belakang, satu di tengah dan dua di depan. Ini akan menjadi kekuatan yang luar biasa bagi kalau kita bermimpi lolos ke Piala Dunia 2026," kata Ropan. 

Mengingat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia akan berlangsung pada September 2024 mendatang, Ropan menyarankan PSSI dan Shin Tae Yong segera melakukan perburuan pemain naturalisasi untuk meningkatkan kualitas permainan Timnas Indonesia. 

"Sekarang waktu untuk berburu. Satu dua bulan ini. Berburu untuk mendapatkan pemain yang bagus terutama di lini depan. Ada pemain-pemain keturunan di Belanda yang bagus-bagus. Tinggal ambil," pungkasnya. 


 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close