Musorprov KONI DKI Tanpa Pemilihan, Penetapan Hidayat Humaid Digugat

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2022

Julizar Idris dan tim gugat Penetapan Hidayat ke BAORI
Julizar Idris dan tim gugat Penetapan Hidayat ke BAORI

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Hasil pemilihan Ketua Umum KONI DKI Jakarta periode 2022-2026 yang dilakukan saat Musyawarah Olah Raga Provinsi (Musorprov) ke 12 KONI DKI pada tanggal 12 Maret 2022 telah digugat ke Badan Arbitrase Olah Raga Indonesia (BAORI). Gugatan ini dimohonkan Julizar Idris yang merupakan salah satu kandidat dalam pemilihan tersebut.

Termohonnya adalah Ketua terpilih Hidayat Humaid, Pengurus KONI DKI Jakarta sebelumnya yang menjadi penyelenggara, Ketua KONI DKI Jakarta sebelumnya Laksma TNI Purn Djamhuron P Wibowo dan Aminullah Ketua Sidang Musorprov 2022

Menurut Julizar Idris yang dihubungi Rabu (17/8/222), gugatan ini dilakukan karena ternyata dalam proses pemilihan tersebut agenda pemilihan ketua yang disepakati ternyata tidak dilaksanakan. Agenda itu di antaranya adalah penyampaian visi dan misi calon ketua dan proses pemungutan suara untuk memilih calon ketua baru itu sendiri.

Hal ini, kata Julizar, jelas mencederai semangat demokrasi dan jiwa sportivitas yang menjadi seharusnya menjadi dasar dari organisasi keolahragaan di Indonesia ini."Oleh karena itu, saya melakukan gugatan demi menegakkan kebenaran dan demokrasi," katanya. 

Penetapan pemilihan ketua pada Musorprov tahun ini dilakukan hanya dengan menggunakan surat dukungan dari masing-masing cabang olahra (cabor) maupun badan fungsional di lingkungan KONI DKI.

Padahal surat dukungan hanyalah pelengkap persyaratan belaka. Untuk memenangkan kontestasi haruslah diadakan pemungutan suara sebagaimana diatur dalam AD/ART KONI.

Halaman

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])