Mengintip Arena Pertandingan Kejuaraan Dunia Esport Bali

Nusantaratv.com - 01 Desember 2022

Sejumlah pekerja merapikan panggung utama kejuaraan esport dunia IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 di Merusaka, Nusa Dua, Bali, Kamis (1/12/2022). (ANTARA/Arindra Meodia)
Sejumlah pekerja merapikan panggung utama kejuaraan esport dunia IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 di Merusaka, Nusa Dua, Bali, Kamis (1/12/2022). (ANTARA/Arindra Meodia)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Satu hari menjelang upacara pembukaan kejuaraan dunia esport IESF Bali 14th World Esports Championship 2022, panitia penyelenggara tampak sibuk menyulap arena pertandingan yang akan digelar di Merusaka, Nusa Dua, Bali.

Puluhan pekerja tengah menyelesaikan pembangunan arena pertandingan, termasuk panggung utama dengan desain mewah yang dilengkapi sederet layar LCD yang akan menjadi lokasi upacara pembukaan, dan juga akan menjadi tempat untuk gelaran grand final sejumlah game yang dipertandingkan.

Pada saat bersamaan sejumlah paskibraka provinsi Bali dan marching band tengah melakukan gladi resik untuk upacara pembukaan yang akan berlangsung di area luar ruangan pada Jumat malam.

"Persiapan kita hampir 90 persen. Kita akan melakukan geladi resik, dan lain-lain. Atlet untuk hari ini tinggal sisa 40-an atlet. Atlet yang sudah datang sedang melakukan media shoot, persiapan setting alat-alat sudah dilakukan juga. Overall semuanya tinggal berjalan," ujar Direktur Utama Garudaku Daniel Sutrisno dalam konferensi pers menjelang pembukaan di Bali, Kamis.

Para pekerja juga tengah mempersiapkan sejumlah booth yang menjadi tempat untuk berbagai penggerak industri esport memamerkan produk mereka, mulai dari game lokal Lokapala dan Battle of Satria Dewa, hingga klub esport dan sejumlah brand teknologi.

Kejuaraan dunia esport yang dibarengi dengan Indonesia Esport Summit 2022 juga diharap dapat memberi dampak ekonomi terhadap daerah Bali. Untuk itu dihadirkan pula booth UMKM yang menawarkan kerajinan tangan, souvenir, juga buah tangan khas Bali.

Selain panggung utama, arena pertandingan sejatinya terbagi menjadi empat panggung, yakni earth stage, fire stage, air stage, dan water stage, yang terdiri dari area dalam ruangan dan luar ruangan.

Kejuaraan dunia esport tersebut mempertandingkan enam jenis game yaitu Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022 dan CS:GO. Khusus untuk CS:GO akan mempertandingkan kategori CS:GO Male dan CS:GO Female.

Sementara beberapa game menggunakan panggung utama, PUBG Mobile, CS:GO, dan Tekken 7 memakai area earth stage yang berada dalam ruangan.

Pada area earth stage di ruangan pertama, para pekerja tengah menyiapkan Play Station 5 untuk pertandingan game konsol. Ruangan tersebut juga akan menjadi tempat untuk pertandingan PUBG Mobile.

Di sebelahnya terdapat ruangan kedua yang menjadi tempat untuk pertandingan CS:GO. Pada ruangan ini, tampak layar komputer beserta PC telah terjajar rapi lengkap dengan kursinya.  

Yang menarik dalam penyelenggaraan Indonesia Esports Summit 2022 dan IESF World Esports Championship Bali adalah lokasinya yang berada di tepi pantai. Panitia menyiapkan kursi pantai yang dapat digunakan oleh para atlet atau pun pengunjung untuk bersantai.

Bahkan, Presiden Federasi Esports Internasional (IESF) Vlad Marinescu mengatakan ajang tersebut akan tercatat dalam Guinness World Book of Records sebagai acara esport terbesar di dunia yang berada di tepi pantai dan diikuti oleh negara terbanyak.

IESF Bali 14th World Esports Championship 2022 akan secara resmi dibuka pada 2 Desember di Merusaka, Nusa Dua Bali, dan berlangsung hingga 11 Desember 2022.

Sebanyak 105 negara hadir dalam ajang internasional tersebut, dengan lebih dari 1.100 partsipan, termasuk di dalamnya 700 pemain dari berbagai belahan dunia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])