Medina Butuh 'Keajaiban' Menangi Dwi Tarung Internasional Japfa Chess Festival ke-14 2024 atas GMW Vo Thi Kim Phung

Nusantaratv.com - 19 Agustus 2024

Pecatur putri andalan Indonesia GMW Medina Warda Aulia (kiri) melawan pecatur Vietnam GMW Vo Thi Kim Phung dalam Dwi Tarung Internasional Japfa Chess Festival ke-14 2024 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta/ist
Pecatur putri andalan Indonesia GMW Medina Warda Aulia (kiri) melawan pecatur Vietnam GMW Vo Thi Kim Phung dalam Dwi Tarung Internasional Japfa Chess Festival ke-14 2024 di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur putri andalan Indonesia Grand Master Wanita (GMW) Medina Warda Aulia (elo rating 2377) membutuhkan 'keajaiban' untuk bisa memenangkan Dwi Tarung Internasional Japfa Chess Festival ke-14 2024 atas lawannya GMW dari Vietnam, Vo Thi Kim Phung (2320). Pasalnya, setelah bertanding selama enam babak yang terdiri dari 2 babak catur kilat 3 menit plus 2 detik dan 4 babak catur standar Medina tertinggal tiga poin dengan skor 1,5-4,5 dari Vo. 

Medina gagal menipiskan ketertinggalan usai dikalahkan Vo pada laga babak ke-4 (catur standar) yang berlangsung di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Bermain dengan buah putih, Medina harus menyerah pada Vo di langkah ke-55. 

"Tadi mau mencoba pembukaan Prancis varian baru. Karena sebelumnya sudah dua kali memainkan varian yang sama. Tapi ternyata memang tidak se-expert (ahli) itu," kata Medina Warda Aulia usai pertandingan di Gedung Serbaguna Senayan, Jakarta. 

Ketika ditanya apakah kondisinya sedang tidak fit?

"Kalau bilang begitu nanti dikira alasan. Kalau kalah ya udahlah kalah saja," tandasnya. 

Medina mengakui Vo Thi Kim Phung adalah lawan yang tangguh. Karena dia merupakan salah satu pecatur top Vietnam yang pernah menjadi juara Asia. 

Ia menyebut sudah terbilang sering bertanding melawan Vo. Dan hasilnya rata-rata draw. 

Dengan kekalahan ini mau tak mau Medina harus menyapu bersih empat babak terakhir yang mempertandingkan catur cepat (rapid) 10 menit plus 5 detik untuk bisa memenangkan Dwi Tarung lawan Vo.

Jika berhasil memenangkan empat laga di catur cepat maka skor akhir menjadi 5,5-4,5 untuk keunggulan Medina. Namun jika hanya menang tiga kali dan remis sekali maka skor menjadi berimbang 5-5. Sehingga laga harus dilanjutkan dengan suddent death untuk mendapatkan pemenang Dwi Tarung. Tetapi kalau sampai menelan kekalahan otomatis Vo Thi Kim Phung yang menjadi pemenang Dwi Tarung berhadiah 2500 USD. Pemenang mendapat 1500 USD sedangkan yang kalah kebagian 1000 USD.

"Masih ada peluang untuk memenangkan Dwi Tarung ini. Karena masih tersisa empat babak pertandingan catur cepat. Tapi saya harus memenangkan seluruh pertandingan karena sekarang tertinggal 3 poin. Cukup berat tapi saya akan tetap berjuang maksimal," tukasnya. 

MIW Ivana Lasama Vs GMW Janelle Mae Frayna

Sementara itu, dalam Dwi Tarung Internasional lainnya di ajang Japfa Chess Festival ke-14 2024 yang berlangsung secara online, pecatur muda berbakat Indonesia Master Internasional Wanita (MIW) Ivana Lasama (2044) berhasil unggul sementara 1-0 atas lawannya GMW dari Filipina Janelle Mae Frayna (2162). 

Keunggulan itu diraih Ivana usai menaklukkan Janelle pada laga babak pertama Dwi Tarung yang mempertandingkan catur kilat 3 menit plus 2 detik saat pembukaan event, Sabtu (17/8/2024) kemarin. 

Babak ke-2 Dwi Tarung Ivana kontra Janelle baru akan dimainkan pada Rabu (21/8/2024).

Laga Dwi Tarung Ivana versus Janelle akan berlangsung selama 9 babak dengan rincian 6 babak catur kilat dan 3 babak catur cepat 10 menit plus 5 detik. Pertandingan babak terakhir atau babak ke-9 akan dimainkan pada penutupan Japfa Chess Festival ke-14 2024 pada Jumat 23 Agustus mendatang. Pemenang Dwi Tarung online mendapat 600USD sedangkan yang kalah kebagian 400 USD. 

"Masih seru karena masih ada delapan babak lagi. Tetapi Ivana melakukan start yang bagus dengan mencuri kemenangan di babak awal. Semoga dia bisa mempertahankan performanya dan memenangkan Dwi Tarung Internasional melawan GMW Janelle Mae Frayna," kata Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem di lokasi pertandingan. 

Selain mempertandingkan dua pertandingan Dwi Tarung Internasional, Japfa Chess Festival ke-14 2024 juga mempertandingkan beberapa kategori lainnya mulai dari level junior hingga veteran di atas 55 tahun. Kemudian ada kategori bergengsi Open dan beregu. Total ada 542 peserta dari dalam dan luar negeri yang bertarung memperebutkan hadiah Rp325 juta.

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close