Matias Ibo Berbagi Tips Bagi Pelari Pemula

Nusantaratv.com - 16 Desember 2022

Matias Ibo, seorang fisioterapis Indonesia, memberikan tips bagi pelari pemula yang akan mulai marathon (ANTARA/HO)
Matias Ibo, seorang fisioterapis Indonesia, memberikan tips bagi pelari pemula yang akan mulai marathon (ANTARA/HO)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Matias Ibo, seorang fisioterapis Indonesia, memberikan tips bagi pelari pemula yang akan mulai marathon, di antaranya latihan harus rutin minimal tiga kali dalam seminggu dengan durasi 30 menit sampai satu jam.

Matias menjelaskan akhir-akhir ini, lari maraton tengah digandrungi. Mengingat jaraknya yang amat jauh, tentu dibutuhkan persiapan khusus dalam lari maraton, apalagi untuk pemula. Agar bisa melaluinya dengan sukses haruslah mempersiapkan fisik, mental dan konsistensi.

"Tipsnya hanya satu konsistensi adalah prinsip yang paling penting yakni konsisten berlari. Artinya apa? karena berlari itu kan olahraga yang paling mudah, di mana pun bisa berlari," kata Matias Ibo ketika menggelar Talkshow bersama komunitas lari di Medan, Jumat.

Matias Ibo yang merupakan fisioterapis pertama di tim nasional sepak bola Indonesia dan di dunia sepak bola Indonesia itu juga meminta bagi pemula harus memiliki tujuan dari olahraga berlari, jangan hanya ikut-ikutan saja.

Menurutnya, fisik dan pola pikir harus dipaksa karena memulai perubahan baru memang sangat berat. Satu sampai tiga bulan pertama jadi pertarungan bagi diri sendiri.

"Pola makan dan tidur pun harus diperhatikan agar banyak manfaat yang akan didapatkan usai konsistensi terhadap olahraga dengan melakukan pola makan yang tepat dan pola tidur yang benar," katanya.

Matias menambahkan, untuk mendukung kegiatan olahraga lari tentunya membutuhkan sepatu yang nyaman untuk berlari, sepatu multifungsi yang memiliki bantalan yang lebih tebal ketimbang sepatu lari biasa supaya menghindarkan dari resiko saat berlari dan nyaman saat menggunakannya.

Sementara itu, Marketing Communication Manager PT Navya Retail Indonesia, Juwita Indah Pratiwi menyampaikan pihaknya secara khusus menghadirkan pelatih lari Matias Ibo adalah untuk memberikan motivasi bagi pelari pemula sekaligus untuk memperkenalkan produk sepatu lari.

Banyak dari masyarakat sekarang yang sudah menjadikan olahraga lari sebagai gaya hidup, bahkan banyak bermunculan komunitas lari yang saat ini marak dibentuk oleh anak-anak muda yang ingin memilih sepatu lari dengan bantalan yang empuk dan ringan agar kaki lebih nyaman berlari dan terhindar dari cedera.

"Untuk itu kami menghadirkan produk sepatu bagi pelari, sepatu ini akan melengkapi sepatu lari yang biasa dipakai berlomba" katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])