Mantan Juara Dunia Catur Garry Kasparov Dimasukkan dalam Daftar 'Teroris dan Ekstremis' Rusia

Nusantaratv.com - 07 Maret 2024

Garry Kasparov. (Foto: Reuters)
Garry Kasparov. (Foto: Reuters)

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Mantan juara dunia catur Grand Master (GM) Garry Kasparov telah dimasukkan dalam daftar "teroris dan ekstremis" Rusia.

Garry diketahui terjun ke politik usai pensiun sebagai pecatur pada 2005. Mantan pecatur nomor satu dunia itu dikenal sangat kritis terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Nama Garry Kasparov secara resmi dimasukkan dalam daftar teroris dan ekstremis Rusia oleh Kementerian Kehakiman Rusia, pada Rabu (6/3/2024).

Sebelumnya pada 2022, Kementerian Kehakiman Rusia juga telah menambahkan Kasparov dan mantan taipan minyak Mikhail Khodorkovsky ke dalam daftar “agen asing”. Sehingga mereka harus menjalani birokrasi yang memberatkan termasuk pelaporan keuangan.

Kantor berita milik negara Rusia, Tass, yang mengatakan Kementerian Dalam Negeri menemukan “tanda-tanda kejahatan” dalam penyelidikan terhadap Kasparov dan organisasinya.

Hal yang sama juga dilakukan Badan Pengawas Keuangan Rusia, Rosfinmonitoring. Daftar tersebut membatasi transaksi bank individu dan memaksa mereka untuk meminta persetujuan setiap kali mereka ingin menggunakan rekening mereka. 

Kasparov yang kini berusia 60 tahun, meninggalkan Rusia pada tahun 2014 karena takut akan penganiayaan.

Sebuah Kehormatan

Di luar dugaan Garry Kasparov menyebut tindakan memasukan namanya dalam daftar teroris dan ekstremis Rusia adalah sebuah kehormatan. 

Respon tersebut disampaikan Kasparov melalui akun X-nya @Kasparov63 tak lama setelah muncul pengumuman resmi dari Kementerian Kehakiman Rusia yang memasukan namanya dalam daftar.teroris dan ekstremis Rusia.

"Suatu kehormatan yang mengungkapkan lebih banyak tentang rezim fasis Putin dibandingkan tentang saya. Seperti yang dikatakan Goldwater, ekstremisme dalam membela kebebasan bukanlah suatu kejahatan dan moderasi dalam upaya mencapai keadilan bukanlah suatu kebajikan! Namun semua oposisi, atau kesopanan sederhana, harus disebut ekstremis oleh kediktatoran," kata Kasparov.

Kasparov bahkan menyerang balik dengan menyebut Rusia dan Putin sebagai sponsor teror.

"Sebagai quid pro quo, seperti kata pepatah, hari ini akan menjadi hari yang baik untuk menambahkan Rusia, Putin dan semua kroninya ke dalam daftar negara sponsor teror," tandasnya. 

Setahun sebelum memutusakan meninggalkan Rusia pada 2013, Kasparov sempat mengalami insiden penting pada tahun 2012. Dia ditangkap di luar pengadilan Moskow dan dilaporkan menjadi sasaran kebrutalan polisi. 

Pada tahun 2016, Kasparov ikut mendirikan "Forum Rusia Merdeka" di Vilnius, Lituania, sebuah entitas yang mewakili tokoh oposisi Rusia yang secara rutin mengadakan konferensi anti-perang. 

Setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina, organisasi tersebut mendorong pengakuan global terhadap kepemimpinan Rusia sebagai penjahat perang. 

Karena ulahnya itu Kasparov sejak tahun 2022 telah dinyatakan sebagai "agen asing", yaitu sebutan yang diberikan oleh pemerintah Rusia untuk orang atau entitas yang menerima dana untuk kegiatan yang "bertentangan dengan kepentingan nasional Federasi Rusia". 

Kasparov adalah juara catur dunia dari tahun 1985 hingga 2000. Meski telah pensiun pada 2005, namun Kasparov tetap terlibat secara mendalam dalam catur melalui organisasi pendidikan nirlabanya Kasparov Chess Foundation dan sebagai penasihat dan komentator sejumlah turnamen catur bergengsi.

Dia juga kadang-kadang tampil sebagai pemain dan komentator selama turnamen Catur960 dan kilat di St. Louis. 

Kasparov kini tinggal di Amerika Serikat dan memegang paspor Kroasia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close