Laysa Latifah Memimpin Sendirian di Asian Youth Chess Championship 2023

Nusantaratv.com - 21 Desember 2023

Pecatur putri Indonesia Laysa Latifah pada upacara pembagian hadiah kepada para pemenang di nomor catur kilat kategori G18 Asian Youth Chess Championship 2023 yang berlangsung di Uni Emirat Arab/ist
Pecatur putri Indonesia Laysa Latifah pada upacara pembagian hadiah kepada para pemenang di nomor catur kilat kategori G18 Asian Youth Chess Championship 2023 yang berlangsung di Uni Emirat Arab/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pecatur putri junior Indonesia Laysa Latifah tampil gemilang dan memimpin sendirian di Kategori G18 Asian Youth Chess Championship (AYCC) 2023 yang berlangsung di Uni Emirat Arab, 12-22 Desember. 

Capaian positif tersebut diraih Laysa usai menaklukkan pecatur Vietnam Luong Hoang Tu Linh (2055) pada babak ke-7, Selasa (19/12/2023). 

Kemenangan ini membuat Laysa mengemas 6 poin. Disusul pecatur India G Tejaswini 2010 di urutan kedua dengan 5,5 poin dan pecatur Rusia yang bermain di bawah bendera FIDE, Zhanna Lesnykh 1979 dengan 5 poin di urutan ke-3 dari total 34 peserta di kategori G18. 

Laysa Latifah menorehkan kemenangan meyakinkan atas Luong Hoang Tu Linh. Bermain dengan buah putih Laysa memilih tampil tidak agresif di awal. 

Namun memasuki permainan tengah lawan melakukan langkah lemah dengan mendorong bidak ke petak F5. Membuat bidaknya di E5 menjadi titik lemah. 

Dengan kalkulasi yang matang Laysa membombardir bidak lemah lawan di E6. Laysa terus meningkatkan gempurannya dengan rangkaian langkah yang memporak-porandakan pertahanan lawan. 

Upaya lawan untuk menyelamatkan Raja-nya dari serangan Laysa akhirnya kandas. Laysa menyudahi perlawanan Luong Hoang Tu Linh dengan mengunci Raja lawan di petak H3. Ancaman skakmat tak terhindarkan lagi. 

Baca juga: JAPFA Year End Chess Tournament 2023, Utut Adianto Senang Persaingan Catur Nasional Semakin Merata

Divine Charmaine Tampilkan Tari Bali

Asian Youth Chess Championship 2023 mempertandingkan dua nomor catur yakni catur standar 9 babak dan catur kilat (Blitz) 9 babak di 12 kategori, antara lain, U8, 10, 12, 14, 16 dan U18 serta G8, 10, 12, 14, 16 dan G18. 

Tercatat ada 670 peserta dari 57 negara. Indonesia mengirimkan 10 pecatur yang terdiri dari lima pecatur putra dan lima pecatur putri. 

Di bagian putra terdiri dari Nayaka Budidharma (U18), Satria Duta Cahaya (U16), Steven Tan (U14), As Syahsyah Syakish Thirof (U12) dan Kenny Horasino Bach (U10). Kemudian di bagian putri, Laysa Latifah (G18), Shafira Devi Herfesa (G16), Josephine Grace Rondonuwu dan Divine Charmaine (G12) serta Veronica Jevany Sheryl Kichi Makalew (G8).

Pertandingan di nomor catur kilat yang berlangsung 9 babak telah selesai. Sayang tak satu pun dari 10 pecatur Indonesia yang berhasil meraih gelar juara dan posisi runner up serta peringkat tiga.  

Hanya Laysa Latifah yang berhasil mencatat prestasi cukup baik dengan menempati peringkat lima dari total 31 peserta dengan mengemas 6 poin. 

Upacara pembagian thropy dan hadiah untuk para juara telah dilaksanakan pada Selasa (19/12/23) malam. Dilanjutkan dengan acara budaya oleh seluruh partisipan. Divine Charmaine yang bertanding di kategori G12 tampil mewakili Kontingen Indonesia dengan membawakan tarian tradisional Bali. 

Setelah merampungkan pertandingan di nomor catur kilat AYCC 2023 akan melanjutkan pertandingan di nomor catur standar yang telah memasuki babak terakhir atau babak 9.

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close