Laga Leg Pertama Semifinal Piala AFF Indonesia vs Vietnam Ditutup Tanpa Gol

Nusantaratv.com - 06 Januari 2023

Laga leg pertama Indonesia vs Vietnam
Laga leg pertama Indonesia vs Vietnam

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Timnas Indonesia dipaksa bermain tanpa gol saat menjamu Vietnam pada laga leg pertama semifinal Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (06/01/2023).

Babak pertama

Sejak bergulirnya babak pertama, Vietnam tanpa basa-basi langsung memegang kendali permainan. Terlihat skuad Park Hang Seo tampak hati-hati membangun serangan dari bawah. Tercatat ada sekitar empat peluang yang di ciptakan oleh Vietnam hingga menit ke-15.

Tak tinggal diam, Indonesia yang ditonton ribuan suporter juga mencoba melancarkan serangan balik setelah mendapatkan bola dari lini tengah. Namun, kerja sama Marselino Ferdinan, Dendy Sulistyawan, dan Yakob Sayuri harus Terhenti karena salah pengertian satu sama lain.

Pada menit 20 Indonesia kembali mendapatkan peluang emas lewat umpan manis Marselino Ferdinan ke dalam kotak penalti yang berhasil dikejar Dendy Sulistyawan dan tinggal berhadapan dengan kiper Vietnam.

Sayangnya, Dendy memilih untuk memberikan umpan kepada rekannya dan bisa dihadang oleh pemain belakang lawan Vietnam.

Indonesia kembali mendapat peluang pada menit 25 lewat aksi Yakob Sayuri yang berhasil menembus kotak penalti namun umpan tarik yang dilepaskannya masih bisa diblok para pemain belakang Vietnam.

Lagi-lagi pada menit 31 Indonesia kembali mendapat peluang emas lewat aksi Yakob Sayuri. Sayang, tembakannya yang memanfaatkan bola liar di depan kotak penalti masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Vietnam dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Semenit berselang, Yakob Sayuri mencoba menyambar umpan silang Pratama Arhan dengan sundulan keras. Beruntung masih bisa diblok kiper Vietnam, Dang Van Lam yang tampil gemilang.

Indonesia tampil semakin dominan. Terbukti pada menit ke-35 pasukan Shin Tae-yong kembali mengancam gawang Vietnam lewat umpan lambung dari lini tengah, Marselino berhasil lolos dari kawalan dan berhadapan dengan kiper Vietnam. Sayang, tembakannya masih bisa diselamatkan kiper Dang Van Lam.

Indonesia terlihat tampil semakin percaya diri dengan melancarkan kan serangan-serangan ke lini pertahanan Vietnam. Namun, skor imbang tanpa gol tetap bertahan hingga turun minum  gol.

Babak kedua

Pada babak kedua, Timnas Indonesia tampil lebih agresif lewat permainan cepat yang dilancarkan ke lini pertahanan Vietnam. Terbukti, pada menit 61 skuad Garuda mendapatkan peluang lewat umpan terobosan Marc Klok ke dalam kotak penalti Vietnam. Namun aliran bola masih terlalu deras sehingga sulit diraih Yakob Sayuri..

Indonesia kembali mendapat peluang pada menit ke-71 lewat aksi Asnawi Mangkualam yang harus dihentikan dengan pelanggaran di depan kotak penalti setelah mencoba menembus lini pertahanan Vietnam, sehingga menghasilkan tendangan bebas. Sayang, Indonesia gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Vietnam yang terus tertekan akhirnya memilih untuk bermain keras. Do Hung Dung dan kawan-kawan kerap melanggar pemain Indonesia ketika sedang menguasai bola. Pada menit ke-76 giliran Rachmat Irianto yang dilanggar.

Pada menit 82, Indonesia kembali mendapat peluang emas untuk mencetak gol lewat tendangan keras Pratama Arhan. Sayangnya masih melambung jauh di atas mistar gawang Vietnam.

Memasuki menit 90 pelatih Shin Tae-yong memasukan tiga pemain langsung m, yakni Spasojevic, Witan Sulaeman dan Saddil Ramdan untuk menambah daya gedor di lini depan setalah wasit memberikan tambahanan waktu selama lima menit.

Namun, peluang terakhir skuad Garuda tercipta lewat kaki Yakob Sayuri yang melepaskan tembakan langsung dari sisi kanan gawang setelah memanfaatkan bola liar dari umpan pojok.

Sayangnya lagi-lagi kiper Vietnam masih mampu menyelamatkan gawangnya dari tembakan keras kaki kanan pemain asal Papua tersebut. Hingga pluit panjang dibunyikan, skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Hasil ini juga membuat langkah Timnas Indonesia untuk melaju ke babak final Piala AFF 2022 semakin berat. Pasalnya, pada laga leg kedua nanti, skuad Garuda harus tampil di markas Vietnam.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])