KONI Sumut Siap Menggelar Porprov 2022

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2022

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis (ANTARA/Juraidi)
Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis (ANTARA/Juraidi)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara siap menggelar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada 29 Oktober hingga November 2022 sebagai ajang seleksi menuju PON 2024.

“Semua persiapan sudah rampung dan hanya tinggal pelaksanaannya saja dimana pembukaan akan digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Jalan Pancing Medan,” kata Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis di Medan, Kamis.

Ia mengatakan, tujuan utama dari Porprov Sumut 2022 adalah sukses Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 saat Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

“Makanya kita mengharapkan penyelenggaraan Porprov Sumut 2022 ini bisa menjadi miniatur PON 2024. Jangan sampai ada kabupaten/kota yang bermasalah hingga merugikan Sumatera Utara nantinya,” katanya.

Sebanyak 3.067 dipastikan akan ikut berpartisipasi pada Porprov 2022 kali ini dengan rincian 2.107 atlet putra dan 960 atlet putri yang akan berlaga pada 17 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Ke-17 cabang olahraga yang dipertandingkan tersebut yakni atletik, angkat berat, biliar, bina raga, bola voli, bulu tangkis, muaythai, drumband, karate, pencak silat, tarung derajat, sepak bola, taekwondo, petanque, tenis meja, tinju dan wushu.

“Pembukaan semula direncanakan pembukaannya outdoor di Lapangan Astaka, Kawasan Sport Center Jalan Pancing. Tetapi setelah melalui beberapa diskusi dan kajian tentang cuaca belakangan ini, pembukaan bagusnya di dalam GSG,” katanya.

Sebelumnya Ketua PB Porprovsu 2022, Sakiruddin mengatakan, GSG Pancing merupakan gedung indoor terbesar di Indonesia dengan kapasitas penonton lebih dari 7.000 orang.

“Itu salah satu gedung kebanggaan kita. Supaya pesertanya sesuai dengan kapasitas gedung, maka kita perlu minimal 4.000 orang untuk mengikuti acara pembukaan nanti,” kata mantan Sekretaris Dispora Sumut tersebut.

Menurut Sakir, para atlet dan ofisial yang terlibat pada Porprov Sumut 2022 berasal dari 32 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara. Kota Medan sebagai juara umum Porprov Sumut 2019, mengirimkan kontingen terbanyak dengan 239 atlet dan 58 ofisial.

“Kontingen terkecil Nias Barat dengan 6 atlet putra dan 2 ofisial. Sedangkan Nias Selatan tidak ikut serta, karena pengurus KONI-nya saat ini belum terbentuk,” katanya. (Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close