Kolaborasi GAN-PSF Academy Semarakkan Pembinaan Sepakbola dengan Gelaran LiGANa PSF U-12 dan U-14

Nusantaratv.com - 13 April 2022

Pendiri GAN Football Community, Endra Gunawan (kiri) dan pemilik PSF Academy, Gede Widiade
Pendiri GAN Football Community, Endra Gunawan (kiri) dan pemilik PSF Academy, Gede Widiade

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Berangkat dari tekad dan tujuan yang sama untuk meningkatkan kualitas pembinaan sepakbola usia dini di Tanah Air, Garuda Anak Nusantara (GAN) Football Community dan Pancoran Soccer Field (PSF) Academy resmi berkolaborasi.

GAN dan PSF siap bersinergi menggelar kompetisi sepakbola usia dini bertajuk ‘LiGANa PSF U-12’ dan ‘GAN PSF League U-14’ 2022.

Ajang yang bertujuan untuk membangkitkan kembali gairah bermain dan berlatih sepakbola anak-anak usia dini ini akan berlangsung mulai Juni hingga Oktober 2022 mendatang.

Pertandingan akan digelar di lapangan yang memenuhi standar di Pancoran Soccer Field (Lapangan Sepak Bola TNI AU Pancoran), Pancoran, Jakarta Selatan.

Panitia Penyelenggara menargetkan 32 tim peserta untuk ‘LiGANa PSF U-12’ dan 16 tim untuk ‘GAN PSF League U-14’.

Ketentuan usia untuk U-12 adalah kelahiran 2010-2011, sementara untuk U-14 kelahiran 2008-2009

Kick-off ‘LiGANa PSF U-12’ dan ‘GAN PSF League U-14’ akan dilaksanakan pada 18 Juni 2022. Kemudian babak semi final pada 8 Oktober dan final 9 Oktober 2022.

Pendiri Garuda Anak Nusantara (GAN) Football Community, Endra Gunawan mengatakan selain untuk membangun kembali gairah bermain dan berlatih sepak bola di lapangan bagi anak-anak setelah sekian lama berhenti akibat covid-19. Ajang ini juga bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat anak-anak dengan memberikan kesempatan berkompetisi sebagai pemulihan psikis (trauma healing) dampak dari pandemi covid-19.

“Kami juga ingin menggiatkan kembali aktifitas luar ruang bagi anak-anak dan remaja pasca pandemi covid-19. Serta memberikan contoh penyelenggaraan kegiatan sepak bola anak-anak dengan penerapan protokol kesehatan,” ujar Endra Gunawan.
 
Yang tak kalah penting, sambung Endra, ajang ini dimanfaatkan menjadi salah satu ajang pencarian bakat-bakat muda pesepakbolaan di Jakarta khususnya dan Jabodetabek pada umumnya.

Berbekal sukses menggelar event di Bali 4-5 Desember 2021 dan di Yogya-Magelang 22-27 Maret 2022 yang digelar di masa pandemi dengan prokes yang ketat. Serta turnamen GAN U-14 pada 26-27 Maret di Magelang, Endra Gunawan optimistis ‘LiGANa PSF U-12’ dan ‘GAN PSF League U-14’di Lapangan PSF Pancoran Jakarta juga akan berjalan lancar dan sukses.

Apalagi GAN sudah sejak 3 tahun lalu berencana menggelar liga sepakbola usia dini.

Hal senada disampaikan pemilik PSF Academy, Gede Widiade. Menurut Gede Widiade yang telah memiliki segudang pengalaman mengurus sepakbola, PSF Academy dan GAN sama-sama memiliki tujuan yang mulia yaitu memberi wadah pembinaan dengan menggelar sebuah turnamen sepakbola usia dini.

Gede Widiade menekankan pentingnya sebuah kompetisi atau turnamen sebagai alat ukur pembinaan sepakbola.  

“Sebuah pembinaan tanpa ada alat untuk mengukur pembinaan yang sudah dijalankan maka akan sia-sia. Pembinaan yang dibarengi dengan alat ukur yang bagus berupa kompetisi atau turnamen maka itu akan sangat padu, akan sangat baik,” kata Gede Widiade yang pernah membesut manajemen dua klub Liga 1 yakni Persija Jakarta dan Bhayangkara FC.

“Untuk itu, saya melihat tujuan GAN ini sama dengan tujuan PSF. Bedanya kalau PSF dari sport facility atau fasilitas olahraga langsung membentuk akademi. Kalau GAN tekadnya besar ingin membuat sarana prasarana alat parameter pengukur sebuah pembinaan tapi tidak punya fasilitas. Saya mencoba untuk tahun ini berkolaborasi,” imbuhnya.

Tak hanya mensuport dengan menyediakan lapangan dan fasilitas pendukung, Gede Widiade juga akan memberikan kesempatan pada tim yang juara untuk menempatkan pemain-pemainnya di PSF Academy. Karena PSF Academy memiliki tim Liga 3, Liga 2 dan tim untuk Indonesia All Stars.

“Jadi jenjang karirnya ada,” tandasnya.

“Kami berharap dengan itikad yang bagus muncul talenta-talenta baru untuk membantu federasi, membantu PSSI. Muncul talenta-talenta baru di dunia Sekolah Sepak Bola (SSB) yang sekarang lagi booming,” pungkasnya.

Sistem Pertandingan ‘LiGANa PSF U-12’ dan ‘GAN PSF League U-14’

Seluruh pertandingan ‘LiGANa PSF U-12’ dan ‘GAN PSF League U-14’ digelar setiap hari Sabtu dan Minggu. Mengingat para peserta adalah para pelajar.

‘LiGANa PSF U-12’ diikuti sebanyak 32 tim yang dibagi dalam 2 grup masing-masing 16 tim. Minimal 9 pemain dan maksimal 16 pemain yang bisa didaftarkan sebagai peserta.  

Saat bertanding U-12 bermain dengan 9 pemain dan durasi 2x15 menit. Main 2 kali dalam sehari. Juara dan runner up grup langsung tanding semi final dilanjutkan final.

Sementara ‘GAN PSF League U-14’ peserta 16 tim dibagi 2 grup masing-masing 8 tim. Minimal 12 pemain dan maksimal 20 pemain yang bisa didaftarkan sebagai peserta.  Saat bertanding U-14 bermain dengan 11 pemain durasi 2x30 menit. Juara dan runner up grup langsung tanding semi final dan lanjut final.

Khusus laga final baik U-12 maupun U-14 akan dilangsungkan di Lapangan Artificial PSF. Pertandingan final U-12 dan U-14 juga akan disiarkan langsung lewat Live Streaming GAN Channel.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close