Kirab Juara Bentuk Terima Kasih Kepada Para Atlet yang Telah Berjuang di SEA Games 2023 

Nusantaratv.com - 19 Mei 2023

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan ucapan selamat kepada para atlet Indonesia yang telah berjuang dan berprestasi di SEA Games 2023 Kamboja ( Foto: Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan ucapan selamat kepada para atlet Indonesia yang telah berjuang dan berprestasi di SEA Games 2023 Kamboja ( Foto: Kemenpora)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Ucapan terimakasih dan apresiasi tinggi Pemerintah kepada atlet-atlet Indonesia yang telah berjuang di pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara, SEA Games 2023 Kamboja diwujudkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dalam bentuk ‘Kirab Juara’. 

Menpora Dito mengatakan bahwa Pawai Juara ini sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih pemerintah kepada para atlet yang telah berjuang dan berhasil memberikan hasil terbaik untuk mengharumkan nama bangsa di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

“Acara pawai juara ini sebagai bentuk terima kasih kami terhadap pejuang olahraga kita di SEA Games 2023 Kamboja. Acara ini sebagai terima kasih kepada para pejuang olahraga kita yang sudah memberikan yang terbaik,” ujar Menpora Dito.

Arak-arakan ini dilakukan pada Jumat (19/5/2023) mulai pukul 08.00 WIB dengan titik start dari halaman kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). 

Adapun rute ‘Kirab Juara’ para atlet tersebut mulai kantor Kemenpora-Bundaran Hotel Indonesia (HI)- Gelora Bung Karno (GBK). 

Melalui Pawai ini Menpora secara tidak langsung menggugah seluruh masyarakat Indonesia bahwa sukses di SEA Games 2023 membuktikan bahwa ‘Kita Bisa’. Dengan merah putih di dada, pawai ini menjadi momen membanggakan seluruh atlet dan masyarakat Indonesia. 

Mereka semua membuat kita yakin bahwa kita memang bisa berprestasi untuk kemajuan olahraga Indonesia,” kata Menpora Dito. Di SEA Games 2023, atlet Indonesia sukses melampaui target perolehan medali. Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta pasukan Merah Putih membawa pulang sedikitnya 69 medali emas. 

Permintaan Presiden menjadi motivasi dan memicu semangat para atlet hingga akhirnya mampu meraih medali melampaui target yang dicanangkan dengan total jumlah perolehan 276 medali dengan rincian 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Perolehan medali di SEA Games 2023 Kamboja ini menjadi capaian terbaik dari enam edisi SEA Games terakhir. Sejak SEA Games 2013, perolehan medali emas Indonesia tak pernah menyentuh angka 80. Kebanggaan kontingen Indonesia menjadi lengkap setelah sepak bola berhasil memperoleh hasil manis meraih medali emas. 

Timnas Indonesia mampu mendapatkan emas usai membungkam Thailand 5-2. Emas ini terasa spesial  karena harus menunggu selama 32 tahun sejak 1991.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close