Kick-Off Blispi Youth Cup U-15 Road to Vietnam and Thailand Resmi Dibuka Sekdakab Gresik, Hadirkan Talent Scouting eks Pemain Liga Super Iran dan Firman Utina

Nusantaratv.com - 19 Mei 2023

Pembina BLiSPI Mhd Sallim Jungjung (kedua kiri) secara simbolis menyerahkan piala kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Ahmad Wasil (kedua kanan) tanda dimulainya kejuaraan BLiSPI Youth Cup U-15 Road to Vietnam and Thailand 2023 disaksikan Ketua Umum BLiSPI Subagja Suihan (kiri), perwakilan Askab PSSI Gresik dan Ketua KONI Gresik dr Anis Ambiyo Putri (berdiri di belakang) pada acara pembukaan di Stadion Gelora Joko Samudro, Jumat (19/5/2023.
Pembina BLiSPI Mhd Sallim Jungjung (kedua kiri) secara simbolis menyerahkan piala kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik, Ahmad Wasil (kedua kanan) tanda dimulainya kejuaraan BLiSPI Youth Cup U-15 Road to Vietnam and Thailand 2023 disaksikan Ketua Umum BLiSPI Subagja Suihan (kiri), perwakilan Askab PSSI Gresik dan Ketua KONI Gresik dr Anis Ambiyo Putri (berdiri di belakang) pada acara pembukaan di Stadion Gelora Joko Samudro, Jumat (19/5/2023.

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Kejuaraan sepak bola usia muda bergengsi BLiSPI Youth Cup U-15 Road to Vietnam and Thailand 2023 resmi dibuka oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gresik Ahmad Wasil di Stadion Joko Samudro Gresik, Jawa Timur, Jumat (19/5/2023). 

Pembukaan event yang diikuti 32 tim dari berbagai provinsi di Indonesia ini ditandai dengan tendangan pertama yang dilakukan oleh Sekdakab Gresik Ahmad Wasil yang didampingi Pembina BLiSPI Mhd Sallim Jungjung dan Ketua Umum Subagja Suihan.

Hadir dalam acara pembukaan Pembina Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI) Mhd Sallim Jungjung, Ketua Umum BLiSPI, Subagja Suihan, Sekretaris Jenderal Yessi Yunita, Ketua Panpel Lokal Bonnie AZ, Ketua KONI Kabupaten Gresik, Ketua Asprov PSSI Kabupaten Gresik serta unsur Forum Pimpinan Daerah (Formida) Kabupaten Gresik dan Talent Scouting asal Iran, Javad Moradi.

Sebelumnya dalam sambutannya saat membuka event secara resmi, Ahmad Wasil mengapresiasi penyelenggaraan BLiSPI Youth Cup U-15 Road to Vietnam and Thailand 2023 di Gresik. 

"Ini event yang sangat positif untuk pembinaan sepak bola usia muda. Karena event ini membawa dampak kepada adik-adik. Ada semangat, ada kesempatan bertanding dan berkompetisi. Dan harapannya nanti ada pemenang yang masuk ke event yang lebih tinggi lagi," kata Ahmad Wasil. 

"Yang kedua, sama seperti yang disampaikan Pak Subagja yaitu terkait sportivitas. Jaga Sportivitas, jaga kondisi supaya tetap sehat dan tidak cedera serta tidak mencederai yang lain," lanjutnya. 

Di akhir sambutannya Ahmad Wasil berpesan agar seluruh peserta menyikapi hasil yang diraih dengan jiwa besar baik yang menang maupun yang kalah.

"Untuk yang kalah jadikan sebagai pemicu untuk tahun-tahun ke depan karena usia 15 adalah usia yang masih memiliki kesempatan untuk lebih meningkatkan kualitas fisik dan prestasi," pesannya.

"Kemudian untuk yang menang harapan dari pihak BLiSPI adalah jadikan ini pemicu untuk meraih prestasi yang lebih besar lagi di tingkat internasional. Sesuai dengan titelnya Road to Vietnam berarti ajang yang akan diikuti nanti berarti ajang Asia Tenggara atau Asia. Harapannya ini menjadi bagian yang terpisahkan dari konsep sekarang,  prestasi setinggi-tingginya dan hasil yang maksimal untuk daerahnya untuk Indonesia dan untuk dirinya sendiri," tukasnya. 

Hal senada disampaikan Pembina BLiSPI Mhd Sallim Jungjung. Dia menekankan kepada seluruh peserta untuk menjunjungtinggi nilai-nilai sportivitas. "Saya berpesan kepada rekan-rekan yang mau bertanding, junjungtinggi sportivitas. Menang-kalah biasa. Jangan menghalalkan segala cara untuk mencapai kemenangan," kata Mhd Sallim Jungjung. 

Dia juga meminta kepada seluruh pemain untuk memanfaatkan peluang dan kesempatan yang diberikan oleh Blispi Pusat dengan tampil optimal agar dapat terpilih sebagai pemain Tim Blispi U-15 yang akan diberangkatkan ke kejuaraan internasional di Vietnam pada Oktober mendatang. 

"Ajang ini sekaligus seleksi atau penjaringan pemain yang nanti akan diberangkatkan ke Vietnam. Yang dipilih adalah yang terbaik diantara yang terbaik," tandasnya. 

Tidak Ada Nepotisme

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum BLiSPI, Subagja Suihan menyampaikan event Blispi Youth Cup U-15 Road to Vietnam and Thailand adalah kelanjutan dari sejumlah program Blipis di 2023 yang berlangsung sukses. Diantaranya, pengiriman Tim Blispi U-12 ke Barcelona, Spanyol dan Tim Blispi U-17 ke Thailand, Tim Blispi U-12 dan U-16 Putri ke Kuala Lumpur Malaysia. 

"Alhamdulillah Tim Blispi U-12 sampai perempat final dan Tim Blispi U-16 Putri berhasil menjadi runner up, di Kuala Lumpur," ujarnya. 

Pria yang merupakan ayah angkat pemain timnas Egy Maulana Vikri ini menegaskan dalam proses seleksi pemain, Tim Talent Scouting yang terdiri dari eks pemain Liga Super Iran yang pernah malang-melintang di Liga Indonesia, Javad Moradi dan mantan pemain timnas Indonesia Firman Utina akan memilih pemain yang benar-benar berkualitas. 

"Tim Talent Scouting BLiSPI akan memilih sebanyak 20 pemain yang terdiri dari 3 kiper dan 17 pemain," tuturnya. 

"Dalam proses seleksi ini tidak istilah titipan, tidak ada bisikan dan tidak ada nepotisme untuk menitipkan salah satu pemain," tegasnya.

Subagja lebih lanjut menjelaskan sesuai regulasi tim juara di ajang ini akan dikirim ke Vietnam dengan kuota 70 persen pemain. Sedangkan 30 persen lainnya adalah para pemain hasil Talent Scouting

Dia menyampaikan keikutsertaan Tim Blispi U-15 di Vietnam nanti akan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.  Subagja berharap Tim Blispi U-15 yang dikirim ke Vietnam dapat mengikuti sukses yang ditorehkan skuad Timnas U-22 besutan Indra Sjafri merebut medali emas sepak bola  SEA Games 2023 Kamboja. 

"Di Vietnam nanti kalian adalah tim terbaik. Jadi harus bisa jadi juara," tandasnya. 

"Sanggup kira-kira?" tanya Subagja kepada seluruh pemain hingga dua kali. 

"Sanggup!" jawab seluruh pemain serempak. 

Laga Pembuka

Sementara itu dari arena pertandingan telah berlangsung laga pembuka antara dua tim penghuni Grup A yakni Gresik United versus Samudra FC di Stadion Gelora Joko Samudro. Dilanjutkan dengan pertandingan empat tim di Grup B.

Kemudian secara serempak 24 tim lainnya di Grup C, D, E, F, G dan H juga melakoni laga perdana di grup masing-masing yang digelar serentak di Stadion Semen Gresik, Lapangan Banjar Sari dan Lapangan Kedanyang.

Babak final BLiSPI Youth Cup U-15 Road to Vietnam and Thailand 2023 akan digelar di Stadion Gelora Joko Samudro pada Minggu (21/5/2023). Selain Piala, tiga tim pemenang juga akan mendapatkan medali.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])