Ketum PB Percasi GM Utut Adianto Terpilih jadi Presiden Federasi Catur Internasional FIDE Zona 3.3 Asia

Nusantaratv.com - 06/08/2022 13:10

Ketum PB Percasi GM Utut Adianto (kanan) terpilih sebagai Presiden FIDE Zona 3.3 Asia/ist
Ketum PB Percasi GM Utut Adianto (kanan) terpilih sebagai Presiden FIDE Zona 3.3 Asia/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pelaksanaan Kongres Federasi Catur Internasional (FIDE) yang berlangsung di Chennai, India, ada Jumat 95/8/2022), menjadi momen bersejarah bagi catur Indonesia. Karena melalui forum tertinggi FIDE ini, Ketua Umum PB Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Grandmaster Utut Adianto terpilih secara aklamasi sebagai Presiden Federasi Catur Internasional (FIDE) Zona 3.3 Asia.

Kongres FIDE 2022 berlangsung di Hotel Leela Palace, Chennai, India sejak 1 Agustus 2022 sampai dengan 8 Agustus 2022. Puncak agenda Kongres FIDE adalah Pemilihan Presiden FIDE untuk periode 2022-2026 yang akan dilaksanakan pada 7 Agustus 2022.

Zona 3.3 Asia menaungi sebanyak 17 negara/perwakilan anggota FIDE yaitu negara ASEAN (Indonesia, Brunei Darussalam, Filipina, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam) ditambah Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Taiwan.

Dalam kesempatan tersebut, GM Utut Adianto sebagai Presiden FIDE Zona 3.3 Asia terpilih menyampaikan bahwa dirinya berharap dapat menyatukan masyarakat catur di kawasan ASEAN dan Timur Jauh. 

"Saya berharap prestasi catur di zona ini  (zona 3.3 Asia) kedepannya juga akan semakin baik, karena kita banyak memiliki pecatur berkualitas," ujarnya.

Unuk diketahui, FIDE membagi 185 negara anggotanya ke dalam beberapa Zona. Untuk kawasan Asia, Oceania hingga Australia yang terdiri dari 52 negara, dibagi ke dalam Zona 3.1 sampai Zona 3.7. Demikian juga untuk kawasan Eropa, Amerika, Amerika Latin, Rusia hingga Afrika dibagi ke dalam beberapa zona yang berbeda.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in