Kepala Sekolah SMAN 5 Kota Cirebon dan Sekolah Lainnya Bangga dan Mendukung Perjuangan Rizdjar Nurviat Subagja di Piala Dunia U-17

Nusantaratv.com - 10 November 2023

Pemain Timnas U-17 Indonesia Rizdjar Nurviat Subagja/ist 
Pemain Timnas U-17 Indonesia Rizdjar Nurviat Subagja/ist 

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Pesepakbola muda berbakat asal Cirebon, Jawa Barat, Rizdjar Nurviat Subagja, hari ini, Jumat (10/11/2023) akan memulai perjuangannya membela Timnas U-17 Indonesia dalam laga perdana melawan Ekuador di ajang sepak bola usia muda paling bergengsi di dunia yaitu Piala Dunia U-17. 

Laga Indonesia kontra Ekuador akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur mulai pukul 19.00 WIB.

Sukses Rizdjar Nurviat Subagja menjadi skuad Timnas U-17 Indonesia sekaligus mencetak sejarah menjadi satu-satunya putra daerah asal Cirebon, Jawa Barat yang membela Merah Putih di Piala Dunia U-17 2023.

Dukungan dan doa pun terus mengalir kepada pemuda yang dilahirkan dan dibesarkan di Desa Kertawinangun Blok Cikropak, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat ini. 

Mulai dari masyarakat pecinta sepak bola di Cirebon, Pemerintah Kabupaten Cirebon hingga pelatihnya di masa kecil Nasuka. Tentu saja, dukungan dan doa khusus pun dipanjatkan kedua orang tua Ijar yakni Subagja dan Sarini. 

Tak hanya itu, para guru dan kepala sekolah tempat Ijar menimba ilmu akademik sejak Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) juga ikut bangga dan mendoakan semoga anak didiknya itu dapat bermain maksimal dalam membela Timnas U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Ijar kecil memulai pendidikan akademiknya di TK/SD Al.Azhar, Cirebon. Pesepakbola kelahiran 2 Januari 2006 ini kemudian melanjutkan sekolah di SMP Negeri 4 Kota Cirebon. Lulus SMP, Ijar masuk ke SMAN 5 Kota Cirebon. Saat ini ia tercatat sebagai siswa 12 MIPA 2 di sekolah unggulan tersebut.

Doakan Ijar Raih Prestasi Terbaik Bersama Timnas U-17

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Kota Cirebon Iwan Agus Setiawan M.Pd mengaku bangga atas prestasi Rizdjar Nurviat Subagja yang akan membela Indonesia di ajang Piala Dunia U-17. 

"Ijar itu murid kami dan kami semua keluarga besar SMAN 5 Kota Cirebon senang, bersyukur dan bangga karena salah satu anak didik kami akan berjuang mengharumkan nama bangsa dan negara di ajang Piala Dunia U-17," kata Iwan Agus Setiawan. 

Iwan mengatakan seluruh siswa dan para guru SMAN 5 Kota Cirebon sangat mendukung dan mendoakan agar Ijar bersama rekan-rekannya di Timnas U-17 dapat meraih hasil terbaik. 

Ia mengungkapkan bukan baru kali ini teman-temannya dan para guru di SMAN 5 Kota Cirebon mendukung perjuangan Ijar bersama Timnas usia muda Indonesia. Saat Ijar berjuang dan sukses membawa Timnas U-16 Indonesia menjuarai Piala AFF U-16 2022 lalu, seluruh keluarga besar SMAN 5 Kota Cirebon juga mendukung dan mendoakan.

"Apalagi sekarang tampil di ajang Piala Dunia U-17 tentu kami semua dari SMAN 5 Kota Cirebon akan mendoakan agar Ijar bermain bagus di setiap pertandingan dan bisa mempersembahkan hasil terbaik," ujar Iwan. 

Baca juga: Rizdjar Nurviat Subagja Cetak Sejarah, Satu-satunya Putra Daerah asal Cirebon yang akan Bela Timnas di Piala Dunia U-17

Di mata Iwan selaku Kepala Sekolah SMAN 5 Kota Cirebon, Ijar bukan hanya atlet yang berprestasi yang membanggakan bagi sekolah, masyarakat dan negara, tetapi pemain yang pernah mengikuti Program Garuda Select V di Inggris itu juga seorang siswa yang memiliki perilaku yang baik dan patut dicontoh.

 

"Meskipun dia sudah berprestasi di sepak bola tetapi tetap rendah hati dan berperilaku baik di sekolah, baik kepada teman-temannya maupun pada guru-guru," tutur Iwan. 

SMAN 5 Kota Cirebon, kata Iwan, sangat mendukung siswanya yang ingin meraih cita-cita menjadi atlet atau profesi lainnya. Sejalan dengan komitmen tersebut SMAN 5 Kota Cirebon selalu memberikan dispensasi dan fasilitas ketika siswa tidak bisa mengikuti proses belajar secara tatap muka karena harus mengikuti program latihan di luar sekolah. Termasuk kepada Ijar beberapa siswa SMAN 5 Kota Cirebon yang aktif dan menekuni profesi sebagai atlet. Untuk bisa mengikuti proses belajar di sekolah mereka diberi fasilitas belajar online.

"Sejak Ijar masih di Kelas X kita selalu berikan dispensasi dan fasilitas belajar secara online. Yang membuat para guru senang meskipun belajar secara online tetapi Ijar tidak pernah ketinggalan. Dia selalu disiplin mengerjakan seluruh tugas yang diberikan guru. Jadi tidak ada masalah. Nilai akademiknya Ijar juga bagus," beber Iwan. 

"Dia tetap menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai siswa dengan baik," tambahnya. 

Walau menjalani proses belajar secara online Ijar selalu berupaya untuk berkomunikasi dengan para guru. Selalu proaktif menanyakan soal pelajaran yang diberikan guru. 

"Jika sedang berada di Cirebon, sambung Iwan, Ijar selalu menyempatkan waktu untuk bisa mengikuti proses belajar tatap muka di dalam kelas seperti siswa-siswa lainnya," ungkapnya. 

Gelar Nobar

Sebagai bentuk nyata dukungan terhadap perjuangan Ijar bersama skuad Timnas U-17 di Piala Dunia U-17, Iwan mengatakan SMAN 5 Kota Cirebon akan menggelar nonton bareng (nobar) seluruh pertandingan tim besutan Bima Sakti yang tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko.

"Nobar akan kita adakan di areal parkir SMAN 5 Kota Cirebon. Selain para siswa dan para guru nobar juga akan diikuti masyarakat yang ada di sekitar sekolah," kata Iwan.

"Waktu Ijar membela Timnas U-16 di Piala AFF U-16 2022 kita juga mengadakan nobar. Harapannya Ijar bersama seluruh pemain Timnas U-17 selalu dalam kondisi yang baik dan bisa mengharumkan nama Indonesia di ajang Piala Dunia U-17 2023," tukasnya.

Orang tua Ijar, Subagja mengucapkan terimakasih kepada Kepala Sekolah dan para guru di SMAN 5 Kota Cirebon yang selalu memberikan dukungan positif bagi perjalanan karier sepak bola Ijar. 

"Saya ucapkan terimakasih kepada SMAN 5 Kota Cirebon yang tak henti-hentinya mendukung perjuangan Ijar menjadi pesepakbola nasional. Terkhusus untuk dispensasi dan fasilitas belajar online yang sangat membantu Ijar sehingga bisa terus mengikuti proses belajar di sekolah di tengah kegiatannya menekuni sepak bola," kata Subagja yang dikenal sebagai tokoh pembinaan sepak bola usia dini dan usia muda di Tanah Air. 

"Mudah-mudahan dengan dukungan yang diberikan teman-temannya, para guru dan masyarakat Cirebon, Ijar dapat meraih prestasi terbaik yang membanggakan bagi sekolah SMAN 5 Kota Cirebon, masyarak, Pemerintah Kabupaten Cirebon serta bangsa dan negara Indonesia," pungkasnya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close