Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024: Tim Putra Indonesia Telan Pil Pahit, Takluk dari China 2-3

Nusantaratv.com - 16 Februari 2024

Duet Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berhasil mengalahkan pasangan China He Ji Ting/Ren Xiang Yu pada perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024, di Setia City Convention Center, Shah Alam, Selangor, Jumat (16/02/2024). (Humas PBSI)
Duet Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri berhasil mengalahkan pasangan China He Ji Ting/Ren Xiang Yu pada perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024, di Setia City Convention Center, Shah Alam, Selangor, Jumat (16/02/2024). (Humas PBSI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tim putra Indonesia harus menelan pil pahit pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (Badminton Asia Team Championships) 2024.

Skuad Garuda dipaksa menyerah dari China 2-3 dalam laga sengit perempat final, pada Jumat (16/2/2024).

Di pertai pertama, Chico Aura Dwi Wardoyo gagal mempersembahkan kemenangan bagi Merah Putih. Indonesia tertinggal 0-1 atas China.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Setia City Convention Center, Shah Alam, Selangor, Jumat (16/2/2024), Chico menyerah dua gim langsung dari Hong Yang Weng, dengan skor 11-21 dan 11-21, dalam laga berdurasi 40 menit.

"Saya minta maaf karena tidak bisa menyumbangkan angka bagi Indonesia. Saya merasa sangat kecewa. Sebagai pemain pertama, saya yang diharapkan malah belum berhasil menang dan menyumbang angka," kata Chico Aura usai pertandingan, dikutip dari keterangan resmi PBSI, Jumat (16/2/2024).

Indonesia berhasil menyamakan skor menjadi 1-1. Duet Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana berhasil mengalahkan He Ji Ting/Ren Xiang Yu. Fikri/Bagas hanya butuh waktu 38 menit untuk mengemas kemenangan dengan skor 21-19 dan 21-19.  

"Alhamdulillah diberi kemenangan dan bisa menyumbang poin bagi tim. Satu angka kemenangan sangat berharga bagi tim dalam kejuaraan beregu seperti BATC ini. Semoga kemenangan kami ini bisa menimbulkan kepercayaan diri dan tambahan semangat bagi rekan-rekan se-tim," ujar Fikri.

Di pertandingan selanjutnya, pasukan Pelatnas Cipayung tidak mampu menambah keunggulan atas Negeri Tirai Bambu. Alwi Farhan, pemain yang diturunkan di partai ketiga harus takluk dari Lei Lan Xi.

Dia kalah dua gim langsung dalam tempo 40 menit, dengan skor14-21 dan 10-21. Indonesia kembali tertinggal 2-1. Alwi mengaku banyak hal yang harus dibenai terkait permainannnya, terutama dalam hal penyelesaian akhir.  

"Saya memang masih banyak yang harus dibenahi, terutama dalam hal penyelesaian. Saya tadi sebenarnya beberapa kali bisa merancang serangan, tetapi penyelesaian tidak bisa membunuh," sebut Alwi.

Indonesia lagi-lagi menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di partai keempat. Ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin sukses menekuk Chen Bo Yang/Liu Yi dua gim langsung, dengan skor 21-14 dan 21-18, dalam perjuangan selama 41 menit.

"Alhamdulillah kami bisa melewati pertandingan ini dengan meraih kemenangan. Kami pun bisa menyamakan kedudukan 2-2 lawan China. Setelah ini kami akan mendukung perjuangan teman yang bertanding di partai terakhir. Apa pun hasilnya, kami akan terus mendukung kawan," jelas Leo.

Meski dalam kondisi tim tertinggal 1-2, Daniel mengaku tidak menjadikan hal tersebut sebagai tekanan namun justru menjadi tantangan.

"Kami turun bertanding saat Indonesia tertinggal 1-2. Tetapi hal ini bukan menjadi tekanan buat kami. Sebaliknya menjadi tantangan dengan harapan kami bisa mengontrol permainan saat bertanding. Tekanan itu pasti ada tetapi bagaimana kami bisa mengontrol tekanan itu menjadi tantangan untuk bisa menang," ucap Daniel.

"Kami justru sangat bersemangat untuk menunjukkan kepada tim lain bahwa Indonesia itu juga bisa menang melawan China. Tidak ada yang tidak mungkin," sambungnya.

Indonesia akhirnya gagal mengunci tiket semifinal Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024. Yohanes Saut Marcellyno belum mampu meredam kekuatan Wang Zheng Xing. 

Melakoni laga selama 57 menit di partai penentu, Yohanes takluk dua gim langsung, dengan skor 15-21 dan 22-24. Pertandingan harus berakhir dengan skor 2-3 untuk China. 

Hasil ini membuat tim putra Indonesia tersingkir dari Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia 2024. Indonesia tinggal menyisakan tim putri. Putri KW dkk sebelumnya sukses menghempaskan tuan rumah Malaysia 3-0 di perempat final.

Di semifinal, Srikandi Indonesia akan berhadapan dengan Thailand pada laga yang berlangsung Sabtu (17/2/2024).

Hasil Pertandingan Perempat Final Indonesia vs China, Jumat (16/2/2024):

- Chico Aura Dwi Wardoyo vs Weng Hong Yang: 11-21 dan 11-21

- Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs He Ji Ting/Ren Xiang Yu: 21-19 dan 21-19    

- Alwi Farhan vs Lei Lan Xi: 14-21 dan 10-21

- Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Chen Bo Yang/Liu Yi: 21-14 dan 21-18

- Yohanes Saut Marcellyno vs Wang Zheng Xing: 15-21 dan 22-24

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close