Kado Tahun Baru dari PB Percasi untuk Indonesia, Persembahkan Empat Gelar Juara Bergengsi di Bulan Desember 2023

Nusantaratv.com - 22 Desember 2023

GM Susanto Megaranto/ist
GM Susanto Megaranto/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Para atlet binaan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) mempersembahkan kado terbaik tutup tahun 2023 buat Indonesia. Kado terbaik tersebut berupa empat gelar juara bergengsi dari kancah catur internasional.

Torehan membanggakan ini diawali oleh Master Fide Wanita (FMW)
Diajeng Teresa Singgih yang menjuarai Eastern Asian Junior Chess Championship di Kinabalu, Malaysia, pada 8 Desember 2023. 

Tak hanya Diajeng, di ajang ini Kandidat Master Wanita Cecilia Natalie Liuviann dan Master Internasional (MI) Aditya Bagus Arfan juga menjadi peringkat tiga putra-putri. 

Selain menjadi kampiun Diajeng juga langsung dapat gelar Master Internasional Wanita (MIW) atau naik satu tingkat. Begitu juga dengan Cecilia langsung  dapat gelar MFW. 

Laysa Latifah/ist

Dan tidak sampai seminggu kemudian, Master Fide (MF) Arif Abdul Hafiz menjadi juara turnamen bergengsi Manny Pacquiao International Chess Tournament di General Santos City, Filipina, pada 12 Desember 2023. 

Sementara rekannya Grand Master (GM) Novendra Priasmoro menempati peringkat empat dari 70 peserta. 

Tak sampai seminggu kemudian pecatur putra terbaik Indonesia GM Susanto Megaranto kembali berjaya di Filipina. 

Susanto Megaranto yang mendapat undangan main di turnamen tertutup Kamatyas Invitational GM Tournament di Marikina City, Filipina, keluar sebagai juara tak terkalahkan dengan mencetak empat kemenangan dan lima kali remis, 16 Desember 2023.

Diajeng Teresa Singgih/ist 

Baca juga: JAPFA Year End Chess Tournament 2023, Utut Adianto Senang Persaingan Catur Nasional Semakin Merata

Indonesia dan PB Percasi kembali berbangga melalui sukses yang ditorehkan Laysa Latifah yang masih nongelar, menjadi Juara Asia G18 (catur standar) di Asian Youth Chess Championship, di Al Ain, Uni Emirat Arab, 21 Desember 2023. 

Laysa juga dapat medali perak di nomor catur cepat. 

Sukses Laysa dilengkapi oleh AIM Satria Duta Cahaya dengan meraih peringkat ketiga di KU16 putra. 

Berkat prestasinya Laysa diganjar hadiah gelar langsung Master Internasional Wanita (MIW) sementara Satria Duta Cahaya dapat gelar Master Fide (MF) langsung juga.

MF Arif Abdul Hafiz/ist 

Ini sungguh penutup tahun yang manis buat catur Indonesia setelah prestasi spektakuler yang dibuat Grand Master Wanita-Master Internasional (GMW-MI) Medina Warda Aulia menembus 16 Besar Dunia pada Piala Dunia Catur 2023 di Baku, Azerbaijan, di bulan Juli 2023; dan GM Novendra Priasmoro menaklukkan Eropa dengan menjuarai Turnamen Catur Terbuka SK Ottakring di Vienna, Austria, bulan Juli-Agustus 2023.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem melalui rilis yang dikirimkan kepada media, Jumat (22/12/2023) menyampaikan terimakasih kepada Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto yang telah memimpin catur Indonesia dengan hati serta segala daya dan tenaga. 

"Terima kasih kepada Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto yang telah memimpin catur Indonesia dengan hati, dengan segala daya dan tenaga, bukan cuma memberikan inspirasi, tetapi juga mengeluarkan dana pribadi agar para pecatur Indonesia bisa berlatih dan mampu berlaga dalam sejumlah turnamen penting di kancah internasional," kata Kristianus Liem.

Semoga di tahun 2024, kita masyarakat catur Indonesia akan mencetak prestasi yang lebih cemerlang lagi! Aminn.

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close