JAPFA Year End Chess Tournament 2023 Diharapkan Lahirkan Pecatur Berkualitas dan Kompetitif

Nusantaratv.com - 16 Desember 2023

Ketua Panitia Japfa Year End Chess Tournament 2023 Nanang Pujalaksana
Ketua Panitia Japfa Year End Chess Tournament 2023 Nanang Pujalaksana

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk bekerjasama dengan PB Percasi menggelar turnamen catur cepat bertajuk Japfa Year End Chess Tournament 2023 di Wisma Kemenpora Jakarta. Turnamen yang diikuti sebanyak 401 peserta dari 18 provinsi di Indonesia akan berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu 16-17 Desember 2023. 

Ada lima kategori yang dipertandingkan yakni kategori Open, U-12 putra, U-16 putra, U12 putri dan U-16 putri. Pertandingan di semua kategori berlangsung selama 9 babak.

Selain itu ada Dwi Tarung catur cepat 15 menit plus increament 5 detik antara Grand Master Wanita-Master Internasional (GMW-MI) Medina Warda Aulia melawan GMW Dewi AA Citra. Kedua pecatur bertanding sebanyak 6 babak.

Japfa Year End Chess Tournament dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PB Percasi Grand Master Utut Adianto. Turut hadir Menpora Dito Ariotedjo, Vice President Head of Social Investment Japfa R Artsanti dan jajaran pengurus PB Percasi yang terdiri dari Sekjen, Henry Hendratno, Kabid Humas Urry Kartopati dan Ketua Panitia Japfa Year End Chess Tournament 2023 Nanang Pujalaksana.  

Ketua Panitia Japfa Year End Chess Tournament Nanang Pujalaksana bersyukur karena event ini disambut antusias oleh para pecatur di seluruh Tanah Air. Terbukti jumlah peserta yang berpartisipasi dalam turnamen ini sampai melampaui target. 

Bahkan pihaknya terpaksa harus membatasi jumlah peserta lantaran keterbatasan kapasitas ruangan. 

"Jumlah peserta Membludak melebihi target. Bahkan kalau kita buka mungkin lebih banyak lagi yang ingin ikut. Tapi mengingat kapasitas ruangan tidak memungkinkan untuk menerima peserta lagi," kata Nanang Pujalaksana yang juga menjabat sebagai Wakil Sekjen di PB Percasi. 

"Karena ada aturan yang diterapkan FIDE terkait penyelenggaraan turnamen catur. Salah satunya memperhatikan kenyamanan peserta," imbuhnya.

Baca juga: JAPFA Year End Chess Tournament 2023 Diramaikan 401 Pecatur 

Nanang membenarkan Japfa Year End Chess Tournament adalah nama baru dari Japfa Chrismast Cup yang selama ini rutin digelar oleh Japfa dan PB Percasi dalam menyambut Hari Natal. 

"Event ini dulunya bernama Japfa Chrismast Cup. Kini berubah nama menjadi Japfa Year End Chess Tournament," jelasnya. 

"Ini bagian dari upaya Japfa untuk meningkatkan frekuensi pertandingan catur di Indonesia," imbuhnya. 

Adapun alasan dan tujuan memilih mempertandingkan nomor catur cepat dalam Japfa Year End Chess Tournamen 2023 karena catur cepat juga merupakan salah satu nomor pertandingan yang resmi. Bahkan sudah ada kejuaraan dunia khusus catur cepat. 

"Sistem elo rating juga sudah diberlakukan secara resmi untuk nomor catur cepat," ujarnya. 

Seiring perkembangan, kata Nanang, nomor catur cepat kini sangat marak di mancanegara dan di Tanah Air. 

"Di Pekan Olahraga Nasional juga sudah menjadi nomor yang resmi dipertandingkan. Harapannya para atlet yang akan bertanding di PON 2024 dapat memanfaatkan turnamen ini untuk meningkatkan kualitas permainan dan menambah jam terbang," ucapnya. 

Menurut Nanang, Indonesia memiliki potensi di nomor catur cepat. 

"Harapannya semoga turnamen ini dapat melahirkan atlet yang lebih berkualitas dan kompetitif terutama di tingkat internasional," pungkasnya.

  

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close