Japfa Chess Festival ke-14 2024 Digelar Bersamaan dengan HUT ke-79 RI, Dibuka Presiden Federasi Catur Asia

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2024

Presiden Federasi Catur Asia, Sheikh Sultan Al Nahyan didampingi Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto melakukan langkah pertama pada Duel.Meet Japfa Chess Festival ke-14 2024 GMW Medina Warda Aulia versus GMW asal Vietnam Vo Thi Kim Phung di Senayan, Jakarta
Presiden Federasi Catur Asia, Sheikh Sultan Al Nahyan didampingi Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto melakukan langkah pertama pada Duel.Meet Japfa Chess Festival ke-14 2024 GMW Medina Warda Aulia versus GMW asal Vietnam Vo Thi Kim Phung di Senayan, Jakarta

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Momen spesial terjadi pada perhelatan festival catur tingkat nasional Japfa Chess Festival ke-14 2024. Event yang diikuti 542 peserta dari dalam dan luar negeri digelar bersamaan dengan HUT ke-79 RI dan dibuka oleh Presiden Federasi Catur Asia, Sheikh Sultan Al Nahyan di Wisma Serbaguna, Senayan, Jakarta, pada Sabtu 17 Agustus 2024. 

Tak hanya itu, pembukaan event berhadiah total Rp325 juta ini juga bertepatan dengan hari jadi PB Percasi ke-74 yang didirikan pada 1950.

Sheikh Sultan Al Nahyan mengaku senang melihat antusias para pecatur Indonesia khususnya para pecatur usia dini. 

Menurut keponakan Sheikh Mohammed Bin Zayed itu merupakan modal berharga bagi Indonesia untuk bisa melahirkan pecatur tangguh yang mampu bersaing di level dunia. 

Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengatakan kedatangan Sheikh Sultan Al Nahyan ke Indonesia bermula dari diskusi diantara keduanya. 

"Dia saya ajak diskusi. Saya sampaikan bikin catur klasik sudah. Bikin antar selebriti juga sudah. Semua upaya sudah kita kerahkan," tutur Utut. 

Merespons apa yang disampaikan Utut, Sheikh Sultan Al Nahyan mengatakan masa depan itu ada di digital. 

"Masa depan itu ada di online. Kita harus padukan," ungkap Utut. 

Agar diskusi lebih intensif, Utut pun meminta Sheikh Sultan Al Nahyan datang ke Indonesia. 

"Akhirnya dia datang. Kemarin sore saya ajak bertemu dengan Pak Menpora. 

"Jadi dia konsepnya ada yang catur klasik seperti ini (offline), ada yang catur online yang semua orang bisa masuk. Hanya berbayar internet," lanjutnya. 

"Karena masa depan itu ada di dunia maya. kata dia," imbuh Utut.

Namun demikian, menurut Utut pernyataan yang disampaikan Sheikh Sultan Al Nahyan merupakan pernyataan yang butuh pembuktian. 

"Nah kalau dari sisi saya. Saya butuh pecatur hebat. Pecatur hebat tidak mungkin datang dari dunia maya," kata Utut. 

"Memang dunia membuat antisias meningkat," tambahnya. 

Utut mengatakan catur termasuk olahraga yang menghasilkan uang. Dengan kondisi itu pasti kompetisinya luar biasa berat. 

"World best ada di situ. Kan hadiahnya gede sampai jutaan dolar," ujarnya..

Memang harus diakui, kata Utut, problem utama olahraga Indonesia adalah soal pendanaan dan orang-orangnya serta pelatihnya. 

"Bantulah saya mengembangkan catur. Sumber daya manusia kita melimpah tapi tidak mudah mewujudkan mimpi melahirkan juara dunia catur," kata Utut. 

Pada kesempatan itu, Utut mengucapkan terimakasih kepada Japfa yang tak henti-hentinya selama 25 tahun mendukung pembinaan catur Indonesia. 

Sementara itu, Ir. Rachmat Indrajaya Direktur Corporate Affairs PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk mengatakan perhelatan ini merupakan wujud dari komitmen Japfa bersinergi dengan PB Percasi membina para pecatur muda. 

"Kami punya beberapa konsep tahun ini untuk menumbuhkan animo masyarakat terhadap catur. Minggu lalu kita adakan fun chess. Pesertanya membludak. Begitu juga saat kita gelar street chess championship simultan GM Susanto Megaranto melawan 20 pecatur. Kemudian kita selenggarakan pertandingan catur buta melibatkan selebriti Olga Lydia. Banyak sekali yang nonton. Mudah-mudahan catur semakin digemari dan bisa bersaing di pentas dunia," kata Rachmat Indrajaya. 

Japfa Chess Festival ke-14 2024 merupakan festival catur yang mempertandingkan nomor catur standar, catur cepat dan catur kilat. Ada 13 kategori yang dipertandingkan mulai dari kelompok umur, senior terbuka hingga veteran di atas 55 tahun. Event kali ini juga diramaikan dengan Duel Meet yang mempertemukan pecatur putri terbaik Indonesia Grand Master Wanita (GMW) Medina Warda Aulia (elo rating 3277) melawan pecatur Vietnam GMW Vo Thi Kim Phung (2320).

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close