Jadi Salah Satu Stadion Laga Piala Dunia U17, Berikut Profil Stadion Gelora Bung Tomo Stadion Terbesar di Jawa Timur

Nusantaratv.com - 09 November 2023

Stadion Gelora Bung Tomo (Jatim.jpnn.com)
Stadion Gelora Bung Tomo (Jatim.jpnn.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com – Indonesia untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U17 yang digelar mulai 10 November 2023 sampai 2 Desember 2023. Empat stadion di 4 kota berbeda dipergunakan sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan sepak bola Piala Dunia U17.

Ada Jakarta International Stadium (JIS) Jakarta, Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Manahan Surakarta. Final Piala Dunia U17 akan dilakukan di Stadion Manahan Surakarta 2 Desember mendatang. 

Terpilih menjadi salah satu stadion yang dipergunakan untuk pertandingan Piala Dunia U17, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) akan mempertandingkan laga-laga  di Grup A, yang terdiri dari tuan rumah Indonesia, Ekuador, Panama, dan Maroko.

Stadion berkapasitas 45.000 penonton (terbesar di Jawa Timur) ini menjadi stadion kebanggaan masyarakat Kota Pahlawan dan warga Jawa Timur. 

Stadion yang mulai dibangun pada 1 Januari 2008 dan diresmikan pada 6 Agustus 2010 itu menelan biaya pembangunan sebesar Rp500 miliar.

Menjadi home base tim sepak bola Persebaya Surabaya, Stadion GBT biasa digunakan untuk laga-laga sepak bola di kompetisi domestik. Selain itu Stadion GBT juga beberapa kali dipergunakan untuk pertandingan Timnas Indonesia berbagai level.

Terakhir, Stadion GBT dipergunakan Timnas Indonesia ketika menjamu Turkmenistan dalam laga FIFA Match Day dengan hasil 2-0 untuk Indonesia, 8 September 2023 lalu.

Stadion Serbaguna

Stadion Gelora Bung Tomo berlokasi di Benowo, Surabaya, Jawa Timur, merupakan stadion serbaguna dan merupakan bagian dari GOR Surabaya.

Dalam kompleks Stadion GBT juga terdapat stadion indoor untuk cabang-cabang olahraga lain dan juga ada masjid, namun mayoritas dipergunakan untuk pertandingan sepak bola.

Dari sisi sejarahnya, Stadion GBT dibangun untuk menggantikan Stadion Gelora 10 Nopember, kandang Persebaya Surabaya sebelumnya. Setelah pembangunan selesai pada 2010 dan bisa difungsikan, SUGBT digunakan untuk pertandingan sepak bola dan dijadikan sebagai markas baru Persebaya Surabaya. 

Nama stadion ini diambil dari nama Bung Tomo yang merupakan Pahlawan Nasional Indonesia.


Renovasi Stadion

Stadion GBT juga sudah direnovasi sesuai standar FIFA, karena awalnya akan digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-20 yang akhirnya batal digelar di Indonesia.

Dikutip dari laman PSSI, pada Maret 2023 lalu Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, menyebut semua catatan perbaikan dari FIFA yang menjadi ranah Pemkot Surabaya, sudah dieksekusi.

Misalnya saja menyangkut jalur disabilitas, area wartawan, tribune VIP, dan juga lahan parkir. 

Juga termasuk pagar lapangan yang sudah dalam kondisi tertutup semua. Khusus akses disabilitas di GBT lokasinya dipindah.

Akses disabilitas sebelumnya ada di gate 9 hingga 10 dan gate 13-14 dipindah ke gate 1. 

Selain akses disabilitas, FIFA juga sempat memberi masukan terkait platform broadcast yaitu desain dan pitch management di lapangan. Kementerian PUPR pun proaktif meresponsnya.

Daya listrik stadion juga sudah ditingkatkan dari 197 kva menjadi 555 kva yang ditangani langsung oleh PLN Surabaya. PLN menjamin genset tidak akan mengeluarkan asap sama sekali.

Selain lapangan utama, renovasi juga dilakukan di venue latihan Lapangan A dan C di area GBT, plus Gelora 10 November dan Thor. 

FIFA selaku otoritas sepak bola internasional sempat melakukan pengecekan struktur tanah, lapangan, panjang rumput Stadion GBT. Selain itu, juga dicek sistem penyiraman dan drainase dengan alat instrumen yang mereka bawa, hasil pengecekan mereka puas. 

Selain menjaga tingkat kerataan rumput, perawatan yang dilakukan juga menyangkut penebaran pasir khusus dan pemberian bibit secara rutin agar permukaan lapangan ideal.

Sejak jauh hari, Pemkot Surabaya juga sudah berhasil menghilangkan bau tidak sedap yang berasal dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Berikut Data Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

Lokasi                               : Benowo, Surabaya
Pemilik                              : Pemerintah Kota Surabaya
Kapasitas                          : 45.000 
Rumput                             : Zoysia Japonica
Pembangunan                  : 2008
Dibuka                              : 6 Agustus 2010
Biaya Pembangunan        : Rp500 miliar (2008-2010), Rp100 miliar (2019-2020)
Lintasan Atletik                  : 400 meter, 8 jalur

Jadwal Pertandingan Grup A di Stadion GBT

10 November 2023
16.00 WIB: Panama vs Maroko
19.00 WIB: Indonesia vs  Ekuador

13 November 2023
16.00 WIB: Maroko vs Ekuador
19.00 WIB: Indonesia vs Panama

16 November 2023
19.00 WIB: Maroko vs  Indonesia
19:00 WIB: Ekuador vs Panama (digelar di Stadion Manahan Solo)

Sumber: skor.id

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close