Indonesia vs Vietnam, Erick Thohir Beberkan Strategi yang akan Dilakukan Shin Tae-yong

Nusantaratv.com - 14 Maret 2024

Ketua umum PSSI Erick Thohir
Ketua umum PSSI Erick Thohir

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir membeberkan hasil pertemuannya dengan pelatih Shin Tae-yong (STY) jelang laga Timnas Indonesia vs Vietnam yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, 21 Maret 2024 mendatang.

"Kemarin saya rapat dengan coach Shin Tae-yong untuk persiapan pertandingan Indonesia vs Vietnam di tanggal 21 dan 26 Maret. Coach Shin Tae-yong memaparkan memang ada beberapa pemain yang belum bisa bermain karena cedera dan lain-lain seperti Shayne Pattynama, lalu juga Asnawi [Mangkualam] masih akumulasi kartu," kata Erick Thohir, Kamis (14/3).

Erick menjelaskan kalau pelatih Shin Tae-yong juga sudah mempersiapkan sejumlah strategi untuk mengatasi kekurangan pemain di beberapa posisi tersebut.

"Nah, tentu ya perlu strategi untuk mengisi kekurangan pemain. Itu yang selalu saya bilang kan, berulang-ulang, kenapa kita perlu 150 pemain. Kan sama di tim nasional senior pun ketika Shayne, Asnawi cedera atau tidak bermain, pelapisnya tipis tinggal Arhan," ucap Erick.

"Ya mungkin Sandy Walsh, dan untung ada Nathan [Tjoe-A-On], jadi tipis. Itu yang saya bilang di senior pun kita harus punya 24 pemain yang standar-nya sama. Ketika kalau ada kartu atau cedera, kita bisa punya pemain pengganti yang sama kualitasnya," jelas Erick.

Karena itu, Erick mendorong untuk penambahan pemain berkualitas dengan memanggil pemain-pemain diaspora ataupun keturunan berdarah Indonesia.

"Seperti di lini tengah, kan selalu kita hanya berbicara empat pemain, Marselino [Ferdinan], Ivar [Jenner], Marc [Klok], dan Ricky Kambuaya, sudah. Mana lagi? Makanya ini yang harus kita dorong dan menambah jumlah pemain dengan standar yang sama," ungkap Erick.

"Dan jangan terkontaminasi oh ini diaspora, lahir di sini, sudahlah. Perdebatan itu sudah lewat, siapa yang membawa Merah Putih itu yang kita dorong dan siapa yang mau terbaik," tegas Erick Thohir.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia bakal menghadapi Vietnam pada laga babak Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Skuad Garuda akan lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 21 Maret mendatang. Kemudian Indonesia akan bertandang ke Vietnam pada 26 Maret 2024.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close